Breaking News:

Warga Transgender Sumedang Bisa Urus Pembuatan Dokumen Kependudukan dari E-KTP Hingga KK

Warga transgender di Kabupaten Sumedang bisa mendapatkan e-KTP elektronik sebagai syarat dokumen kependudukan. Namun, ada syarat khusus

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Mega Nugraha
Kolase TribunnewsBogor.com
Kaus e-KTP 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Warga transgender di Kabupaten Sumedang bisa mendapatkan e-KTP elektronik sebagai syarat dokumen kependudukan. Namun, ada syarat khusus dalam pembuatannya.

Meski begitu, Disdukcapil Sumedang mencatat belum ada kelompok transgender yang mengajukan permohonan untuk membuat KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). 

"Belum ada," kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Ferry Fardians kepada TribunJabar.id, melalui sambungan telepon, Rabu (20/10/2021). 

Meski begitu, kata Ferry, pihaknya tetap melayani sebaik mungkin kelompok transgender seperti juga pelayanan kepada masyarakat umum lainnya dalam mendapat dokumen kependudukan, terutama e-KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran.  Namun, sesuai prosedur yang telah ditetapkan. 

Baca juga: Truk Pengangkut Rongsokan Komputer Terbakar di Sumedang

Menurutnya, kelompok transgender yang hendak mengajukan permohonan dokumen kependudukan harus berdasarkan keputusan pengadilan.

"Kami akan memfasilitasi, asal persyaratannya dipenuhi. Ada keputusan dari Pengadilan juga sejumlah syarat lain," ujar Ferry. 

Menurut Ferry, dalam pembuatan identitas kependudukan bagi kaum transgender, semua dokumen kependudukan yang harus diubah terkait perubahan jenis kelamin bisa dikabulkan sepanjang telah terbitnya putusan pengadilan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved