Breaking News:

Pemprov Jabar Jadwal Ulang Bantuan Keuangan Daerah

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjadwal ulang pemberian bantuan keuangan daerah.

muhamad syarif abdussalam/tribun jabar
Pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat, Gedung Sate. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjadwal ulang sejumlah kegiatan Bantuan Keuangan ke sejumlah daerah di Jawa Barat untuk mengantisipasi tidak terkendalinya belanja bantuan keuangan di tengah berkurangnya pendapatan.

Upaya ini juga dilakukan untuk mengatur belanja daerah.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Jawa Barat, Nanin Hayani Adam, mengatakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat tersebut memerlukan kesepahaman persepsi yang baik agar pengendalian ini dapat berjalan efektif. 

"Pemerintah kabupaten atau kota sangat diharapkan dapat memahami sepenuhnya akan kondisi ini," kata Nanin melalui ponsel, Rabu (20/10/2021).

Untuk itu, kata Nanin, sampai dengan ditetapkannya Perubahan APBD Tahun 2021, pihaknya terus berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten dan kota dalam rangka meyakinkan tidak ada kegiatan Bantuan Keuangan yang tidak dapat didanai oleh APBD Provinsi Jabar. 

Dengan demikian, ujarnya, potensi tidak terbayarkannya kegiatan Bantuan Keuangan yang sudah dilaksanakan dapat dihindari.

Tidak dapat dipungkiri, kata Nanin, pandemi Covid-19 telah berimbas pula kepada kapasitas keuangan daerah Provinsi Jawa Barat.

Di tahun 2021, volume APBD Provinsi Jawa Barat berkurang lebih dari Rp 5 triliun. 

"Kondisi tersebut memaksa perlu dilakukannya penyesuaian belanja, termasuk Belanja Bantuan Keuangan Provinsi kepada kabupaten/kota," katanya.

Namun demikian, penyesuaian belanja, khususnya bantuan keuangan, tidak dapat dilakukan secara langsung.

Hal ini karena penetapannya hanya dapat dilakukan melalui Perubahan APBD yang prosesnya baru dapat dilaksanakan pada waktu tertentu dengan mekanisme sesuai ketentuan, serta atas persetujuan DPRD.

Baca juga: Tak Diundur, Pemprov Jabar Segera Berikan Uang Kadeudeuh bagi Atlet Berprestasi di PON Papua

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved