Breaking News:

Disdukcapil Sumedang Siap Fasilitasi Transgender Miliki E-KTP, Begini Syarat yang Mesti Dipenuhi

Di Sumedang, Jawa Barat kaum transgender tetap mendapatkan hak untuk memiliki e-KTP. Namun, ada syarat khusus dalam pembuatannya.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi foto KTP 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) memang sangat penting. Tak terkecuali bagi kaum transgender.

Di Sumedang, Jawa Barat kaum transgender tetap mendapatkan hak untuk memiliki e-KTP. Namun, ada syarat khusus dalam pembuatannya.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang mencatat belum ada kelompok transgender yang mengajukan permohonan untuk membuat KTP dan Kartu Keluarga (KK). 

"Belum ada," kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Ferry Fardians kepada TribunJabar.id, melalui sambungan telepon, Rabu (20/10/2021). 

Meski begitu, kata Ferry, pihaknya tetap melayani sebaik mungkin kelompok transgender, seperti juga pelayanan kepada kelompok gender lain, untuk mendapatkan dokumen kependudukan, terutama e-KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran

Namun tentunya harus sesuai prosedur yang telah ditetapkan. 

Menurutnya, kelompok transgender yang hendak mengajukan permohonan dokumen kependudukan harus berdasarkan keputusan pengadilan.

"Kami akan memfasilitasi, asal persyaratannya dipenuhi. Ada keputusan dari pengadilan juga sejumlah syarat lain," ujar Ferry. 

Menurut Ferry, dalam pembuatan identitas kependudukan bagi kaum transgender, semua dokumen kependudukan yang harus diubah terkait perubahan jenis kelamin bisa dikabulkan sepanjang telah terbitnya putusan pengadilan. (*)
 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved