Breaking News:

Bupati Bandung Sebut Partisipasi Warga Pilih Calon Kades di Pilkades Tinggi

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan antusiasme di Pilkades serentak di Kabupaten Bandung sangat tinggi. 

Penulis: Cipta Permana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cipta Permana
Bupati Bandung, Dadang Supriatna meninjau pelaksanaan Pilkades Tahun 2021 Kabupaten Bandung di TPS 10 Desa Pameuntasan, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Rabu (20/10/2021) 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan antusiasme di Pilkades serentak di Kabupaten Bandung sangat tinggi. 

Hal tersebut terlihat dari capaian partisipasi masyarakat di sejumlah desa penyelenggara pilkades. 

Bahkan, di TPS 10 di Desa Pameuntasan Kecamatan Kutawaringin, tingkat partisipasi pemilih mencapai 86 persen. Sedangkan partisipasi di Desa Pamekaran Kecamatan Soreang mencapai 60 persen meski pelaksanaan baru dimulai beberapa jam.

"Saya lihat di TPS 10 Desa Pameuntasan sudah mencapai 86 persen, tinggal 50 orang lagi. Padahal baru pukul 10.30. Artinya, antusiasme masyarakat gunakan hak pilih di pilkades luar biasa," kata dia Dadang Supriatna saat memantau pelaksanaan pilkades serentak di sejumlah desa, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Tema Penganten Meriahkan Pilkades di Soreang Untuk Sambut Pemimpin Baru yang Bakal Bawa Perubahan

Untuk menjamin rasa aman pada masyarakat pada Pilkades Serentak Tahun 2021, pihaknya bersama jajaran TNI-Polri menerjunkan 1.144 personel. Terdiri dari 667 unsur Polresta Bandung, 210 Polda Jabar dan 267 dari instansi lainnya.

“Alhamdulillah sejauh ini semuanya kondusif, terkendali dan aman. Insya Allah dapat menghasilkan keputusan yang sesuai dengan harapan masyarakat di desanya masing-masing,” ucapnya.

Bupati Bandung mengapresiasi jajaran pemerintah kewilayahan yang telah melaksanakan vaksinasi hingga 60 persen. Menurutnya, hal tersebut, merupakan langkah preventif penyebaran covid-19 pada perhelatan pilkades.

“Alhamdulillah sebanyak 60 persen masyarakat desa yang melaksanakan pilkades sudah divaksin. Selanjutnya saya juga menginstruksikan seluruh camat untuk melaksanakan vaksinasi minimal 60 persen pada akhir Oktober nanti,” ujarnya.

Ia menyampaikan, pilkades serentak tahun ini merupakan periode kedua dari gelombang pertama yang dilaksanakan pada 2015 lalu di 48 desa. Berbeda dari periode sebelumnya, kali ini terdapat 49 desa di 24 kecamatan yang melaksanakan pilkades.

“Untuk gelombang kedua ini, dilaksanakan pada 2017 dengan peserta 22 desa. Sedangkan gelombang ke-3 pada 2019 kemarin di 199 desa. Sementara jumlah peserta pilkades tahun ini sebanyak 49 desa, karena sebelumnya ada satu kepala desa yang tidak bersedia mengurangi masa kerjanya dan menghabiskan masa jabatannya di tahun 2020,” ujar Kang DS.

Di Pilkades serentak Kabupaten Bandung kali ini, ada 198 calon kades. Jumlah tersebut terdiri dari 185 orang laki-laki dan 13 perempuan. Sementara jumlah TPS sebanyak 1.023 dengan 414.316 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Kepsyen : 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved