Breaking News:

Pilkades di Purwakarta Dinilai Terbaik, Bupati Gelar Diklat Untuk Kades Sebab Dana Desa Segera Turun

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Pilkades serentak di Purwakarta mendapatkan apresiasi terbaik dari Kemendagri.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Darajat Arianto
Humas Pemkab Purwakarta
Pelantikan kepala desa hasil Pilkades di Purwakarta, Senin (18/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pilkades serentak di Purwakarta telah selesai digelar, bahkan Kepala Desa terpilih sudah selesai dilantik pada, Senin (19/10/2021), Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Pilkades serentak di Purwakarta mendapatkan apresiasi terbaik dari Kemendagri.

"Kami dapat apresiasi dari Dirjen Bina Pemdes Kemendagri karena pelaksanaan Pilkades di Purwakarta termasuk yang paling baik dari segi kondusifitas dan penerapan protokol kesehatan nya," ujar Anne ketika diwawancara di Kantor Bupati Purwakarta, Selasa (19/10/2021).

Ia mengungkap, akan mengagendakan pendidikan dan pelatihan khusus untuk para kepala desa yang baru menjabat.

"Untuk meningkatkan kapasitas SDM mereka kita akan segera mengagendakan Diklat, mereka sudah bisa mulai bekerja, karena di triwulan Oktober ini dana desa sudah bisa cair," kata dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta Jaya Pranolo mengatakan proses pilkades berjalan sesuai harapan meski sempat mengalami pengunduran.

"Proses dari awal itu sekitar 8 bulan lah kurang lebih, karena pengundurannya 2 bulan, karena mempertimbangkan kebijakan di masa pandemi COVID-19," ujar Jaya.

Lebih lanjut dikatakan Jaya, bahkan persentasi partisipatif masyarakat dalam pemungutan suara juga meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Persentase juga meningkat, dulu 73 persen, sekarang 82,06 persen, peningkatan ini cukup signifikan dan cukup baik," ucapnya.

Istri Wabup Jadi Kades Tajursindang

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved