Breaking News:

Longsor Timpa Rumah di Lembang, Warga Diminta Waspada Bencana Susulan

Bencana longsor menerjang sebuah rumah Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (17/10/2021) malam.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Longsor timpa rumah di Lembang dan menghantam bagian dapur serta dua motor pada Minggu (17/10/2021) malam. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT -Bencana longsor menerjang sebuah rumah milik Pepen (50) yang dihuni 5 jiwa di Kampung Cikole, RT 5/6, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (17/10/2021) malam.

Longsor tebing yang berdekatan dengan rumah tersebut terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi yang cukup lama, yakni pada pukul 15.30 WIB sampai jam 21.30 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Darlog) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Asep Sulaeman mengatakan, material longsor tersebut menimpa rumah bagian dapur yang juga digunakan sebagai tempat menyimpan motor.

Baca juga: Longsor di Cibodas Sukabumi Timbun Tiga Kolam, Satu Rumah Terancam Roboh

"Sehingga 2 unit motornya turut tertimpa material longsor dan bangunan. Kemarin, warga sekitar dibantu aparat setempat langsung mengevakuasi kendaraan yang terhimpit bangunan," ujarnya melalui pesan singkat, Senin (18/10/2021).

Beruntung, kata Asep, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena saat kejadian, pemiliknya sedang tidak berada di dalam dapur.

Sehingga penghuni rumah yang berjumlah 5 orang itu selamat dari kejadian tersebut.

Baca juga: Longsor dan Banjir Bandang Terjang Tiga Wilayah di Bandung Barat, di Lembang dan Ngamprah

"Alhamdulillah untuk korban jiwa nihil, semua penghuninya selamat. Tapi untuk dapur dan dua motornya rusak," kata Asep.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, mengatakan, pihaknya mengimbau warga untuk tetap waspada terkait bencana susulan karena intensitas hujan sudah mulai tinggi.

"Saat ini kita sedang memasuki peralihan musim di tahun 2021 dari kemarau ke musim hujan, kondisi ini dapat memicu terjadinya cuaca ekstrim seperti angin kencang, puting beliung, hujan dengan intensitas yang sangat tinggi," kata Duddy.

Baca juga: Longsor Timpa Sebuah Rumah di Nagrak Sukabumi, Jalan Terancam Putus

Untuk itu pihaknya juga meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat awal musim, maupun puncak musim hujan yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari 2022 mendatang.

"Terutama bagi masyarakat yg bertempat tinggal di lokasi-lokasi yang rawan terjadi longsor dan banjir bandang," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved