Breaking News:

Polres Cianjur Amankan Pembuat KTP Palsu yang Gunakan KTP Bekas, Satu Pemohon Diminta Rp 150 Ribu

Pihak kepolisian mengamankan satu orang oknum staf kecamatan Sindangbarang karena diduga membuat KTP palsu yang memakai bahan KTP lama.

Tribun Jabar/ Ferri Amiril Mukminin
Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pihak kepolisian mengamankan satu orang oknum staf kecamatan Sindangbarang karena diduga membuat KTP palsu.

Dari pemeriksaan sebanyak 8 orang menjadi korban karena data dan material yang digunakan memakai bahan KTP lama. Oknum staf kecamatan memungut Rp 150 ribu dari satu orang pemohon KTP.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, mengatakan oknum staf kecamatan tersebut dijerat pasal 94 dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

"Kami imbau kepada masyarakat Cianjur untuk waspada, sementara ini kami amankan satu orang staf kecamatan yang diduga menjalankan operasi pembuatan KTP dengan bahan dan material KTP lama," ujar Kapolres melalui sambungan telepon, Minggu (17/10/2021) siang.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur mengatakan jika operator di tingkat kecamatan tidak terlibat dalam pembuatan e-KTP yang diduga palsu tersebut.

"Sudah saya tanyakan ke operator Disduk di kecamatan tersebut, tidak terlibat. Setelah ditelusuri, informasinya yang membuat KTP tersebut diduga oknum staf di Kecamatan Sindangbarang," katanya.

Disdukcapil akan turun tangan untuk memproses administrasi korban agar mendapat e-KTP yang sesuai.

Sedangkan terkait pembuatan e-KTP yang diduga palsu, pihaknya menyerahkan ke OPD terkait dan pihak kepolisian.

"Ini akan jadi bahan evaluasi bagi kami supaya tidak terulang. Korban akan kami fasilitasi supaya dapat e-KTP asli. Tapi untuk proses hukum biar polisi yang menangani, karena jika menurut undang-undang tindakan pembuatan KTP palsu ini sudah masuk ranah pidana," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved