Breaking News:

Potret Unik Pilkades di Purwakarta, Calon Kades Ayah & Anak Pergi Nyoblos dan Keliling TPS Naik Kuda

Bapak dan anak perempuannya yang bertarung di Pilkades sertentak kompak datang ke TPS naik kuda.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Kedua pasangan calon Kades Babakancikao sedang menunggang kuda untuk berkeliling meninjau TPS dalam pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Suasana hari pencoblosan Pilkades serentak di Desa Babakancikao, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta terbilang cukup meriah dan unik, sebab kedua calon Kepala Desa merupakan ayah dan anak.

Ketua Panitia Pemilihan Desa Babakancikao, Dede Pramudiana mengatakan, tingkat partisipatif masyarakat Babakancikao mencapai 65 persen.

"Total hak pilih ada 3.443, kami bagi menyalurkan di 7 TPS. Sampai dengan penutupan TPS, hak pilih yang menyalurkan suaranya sebanyak 2.277 suara, mereka yang tidak memilih itu kemungkinan ada yang merantau atau bekerja di luar kota dan tidak dapat dispensasi," ujar Dede ketika ditemui di Kantor Desa Babakancikao, Jalan Industri, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (16/10/2021).

Hal yang menarik di Desa Babakancikao karena kedua pasangan calon merupakan ayah dan anak, mengomentari hal tersebut Dede mengatakan hal itu sesuai aturan.

"Kalau calon hanya ada satu orang tak mungkin menggelar Pilkades, jadi calon kedua Indri Suminar ikut mendaftar di malam terkahir 10 menit sebelum penutupan penerimaan bakal calon," kata dia.

Poster Pilkades, Minar Suminar Calon Kepala Desa Nomor urut 1 di Desa Babakancikao Kabupaten Purwakarta akan bertarung melawan anaknya Indri Suminar yang merupakan calon Kepala Desa nomor urut 2.
Poster Pilkades, Minar Suminar Calon Kepala Desa Nomor urut 1 di Desa Babakancikao Kabupaten Purwakarta akan bertarung melawan anaknya Indri Suminar yang merupakan calon Kepala Desa nomor urut 2. (Dok. Pribadi)

Hal unik tersebut tercermin ketika kedua pasangan calon datang dan berkeliling TPS menggunakan kuda.

"Mereka sudah berkoordinasi dengan kami bahwa akan menunggangi kuda mengontrol tiap TPS dan berangkat menuju TPS, kita mempersilahkan asal disiplin prokes," ujarnya.

Terpisah, Minar Suminar, Calon Kepala Desa Babakan Nomor urut 1 mengatakan, ia merasa lega telah menyalurkan hak pilihnya.

"Saya sudah salurkan hak pilih, calon nomor urut 2 juga sudah, kami memang berangkat dan  keliling TPS bersama karena satu keluarga," ujar Minar ketika ditemui di kediamannya.

Mengenai hasil pemilihan malam nanti, Minar mengatakan ia menerima keputusan apapun sesuai dengan hasil pemungutan suara yang dihitung oleh panitia dan disaksikan oleh saksi calon.

"Ya, untuk hasil gimana nanti, mungkin malam bisa keluar hasilnya. Kalau saya menang lagi alhamdulillah tinggal saya menjalankan amanah rakyat," kata dia.

Kendati demikian Minar juga tak keberatan jika calon lain yang terpilih dalam pilkades hari ini.

"Siapapun yang terpilih sudah jelas itu dipilih masyarakat, kalau yang menang anak saya juga gak masalah. Hanya saya titip pesan agar tidak jumawa, program yang baik yang saya kerjakan mohon diteruskan, dan jangan ragu untuk meminta pendapat saya tentang pembangunan desa," ucapnya.

Baca juga: Kisah Unik Pilkades, Gadis Cantik Bertarung dengan Ayahnya yang Sering Diajak Diskusi Soal Kampanye

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved