Srikandi Kanwil BRI Bandung Dukung Pemberdayaan Klaster Usaha Olahan Ubi Ungu

Potensi pengembangan pangan lokal yang cukup menjanjikan adalah umbi-umbian, salah satunya ubi ungu. Ubi unggu memiliki prospek cerah karena dapat dim

BRI
Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini menyerahkan bantuan sarana produksi kepada Ibu Hanayah Ketua KWT Sri Mandiri Sembawa didampingi Kepala Bagian Bisnis Mikro BRI Kanwil Bandung Firiany Dewi Zairina, Yuli Yuliani Supervisor Bagian Sosial Enterpreneur dan Inkubasi BRI Kanwil Bandung dan Ivan Abdul Latif Pemimpin Cabang BRI Kuningan. 

TRIBUNJABAR.ID, Potensi pengembangan pangan lokal yang cukup menjanjikan adalah umbi-umbian, salah satunya ubi ungu. Ubi unggu memiliki prospek cerah karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan penghasil karbohidrat sebagai alternatif pengganti bahan makanan. Potensi ini sangat cocok untuk diversifikasi pangan lokal sebagai alternatif makanan pokok.

Peluang inilah yang ditangkap oleh para Srikandi BRI Kanwil Bandung, dengan menggelar acara “Pemberdayaan Klaster Usaha Diversifikasi Olahan Ubi Unggu” dengan menghadirkan nara sumber H. Suhanta mengenai tepung ubi ungu, bertempat di Hotel Grage, Kabupaten Kuningan pada hari Kamis dan Jum’at, tanggal 14 dan 15 oktober 2021.

H. Sukanta sedang memberikan tips mengenai cara pengolahan ubi ungu yang baik didampingi Ibu Hanayah Ketua KWT Sri Mandiri Sembawa bersama Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini.*
H. Sukanta sedang memberikan tips mengenai cara pengolahan ubi ungu yang baik didampingi Ibu Hanayah Ketua KWT Sri Mandiri Sembawa bersama Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini.* (BRI)

Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini didampingi Kepala Bagian Bisnis Mikro BRI Kanwil Bandung Firiany Dewi Zairina, mengatakan lokasi klaster ubi ungu ini berada di Desa Sembada, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

“Kami ingin meningkatkan skill atau kemampuan kelompok usaha serta  membuka wawasan terkait bisnis ekspor. Diversifikasi usaha olahan tepung ubi ungu dengan potensi pasar ekspor dan meningkatkan kesejahteraan anggota serta  masyarakat,” jelas Ririn.

Nara sumber H. Suhanta sedang mengolah tepung ubi ungu disaksikan Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini dan Yuli Yuliani Supervisor Bagian Sosial Enterpreneur dan Inkubasi BRI Kanwil Bandung.*
Nara sumber H. Suhanta sedang mengolah tepung ubi ungu disaksikan Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini dan Yuli Yuliani Supervisor Bagian Sosial Enterpreneur dan Inkubasi BRI Kanwil Bandung.* (BRI)

Peluang bisnis ubi ungu sangat menjanjikan. Apalagi pengolahan ubi ungu mudah diaplikasikan seluruh masyarakat Indonesia karena teknologinya sederhana. Bahan yang digunakan merupakan kearifan lokal pangan Indonesia. “ Yang utamanya adalah dapat meningkatkan perekonomian keluarga di masa pandemi,” terang Ririn.

Ririn menuturkan, masyarakat dapat meng-aplikasinya guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menyehatkan pastinya. Tuntutannya adalah harus berinovasi dengan terobosan baru agar hadir produk-produk baru. Karena pangan lokal, seperti ubi ungu berlimpah.

Foto bersama usai acara Pemberdayaan Klaster Usaha Diversifikasi Olahan Ubi Unggu.*
Foto bersama usai acara Pemberdayaan Klaster Usaha Diversifikasi Olahan Ubi Unggu.* (BRI)

Selain itu, ubi ungu kaya manfaat diantaranya adalah kaya vitamin A, mineral dan antioksidan serta dapat juga mencegah kanker dan serangan jantung karena kaya kandungan gizi antosianin. Ubi ungu bisa menjadi alternatif makanan olahan yang banyak digemari masyarakat Indonesia, baik usia anak-anak hingga berbagai kalangan.

“Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Mandiri Sembada merupakan binaan BRI Unit Jalaksana Kantor Cabang BRI Kuningan. Pemberdayaan yang kami lakukan berupa; Pelatihan ekspor, layanan bisnis internasional dan Treasury BRI, serta pelatihan packaging branding. Selain itu, kami pun memberikan bantuan sarana usaha mesin hammer mill dan mesin oven pengering total bantuannya senilai Rp 70 juta,” ucap Ririn.

Bantuan tersebut diserahkan Ketua Srikandi yang juga Wapinwil Bidang Operasional Kanwil BRI Bandung Emiliana Ririn Purworini kepada Ibu Hanayah Ketua KWT Sri Mandiri Sembawa didampingi Kepala Bagian Bisnis Mikro BRI Kanwil Bandung Firiany Dewi Zairina, Yuli Yuliani Supervisor Bagian Sosial Enterpreneur dan Inkubasi BRI Kanwil Bandung dan Ivan Abdul Latif Pemimpin Cabang BRI Kuningan.

Ibu Hanayah Ketua KWT Sri Mandiri Sembawa bersama suami H. Suhanta, mengucapkan banyak terikasih kepada Srikandi BRI Kanwil Bandung, Pimpinan dan seluruh staf BRI Cabang Kuningan atas bantuan sarana usaha mesin hammer mill dan mesin oven pengering yang dapat mempercepat proses produksi, sehingga bisa menambah kesejahteraan bagi para anggota.*

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved