Breaking News:

Kabar Baik bagi Masyarakat Purwakarta, Ibadah Umrah Dibuka Lagi, Kapan dan Berapa Kuotanya?

Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah untuk jemaah asal Indonesia.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Hermawan Aksan
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Foto ilustrasi antrean jemaah umrah di Bandara Kertajati Majalengka tahun 2020. 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali pelaksanaan ibadah umrah untuk jemaah asal Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta Munawir Sulaeman mengatakan, dibukanya pelakasaan ibadah umrah merupakan kabar baik bagi umat Islam di Indonesia karena sebelumnya sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Kuota untuk Indonesia yang mengatur tetap pemerintah pusat, termasuk kuota jemaah umrah untuk Purwakarta," ujar Munawir, jumat (15/10/2021).

Khusus untuk keberangkatan jemaah ibadah umrah yang dikelola oleh pihak travel, pihaknya hanya menerima data berapa jumlah orang yang berangkat.

Dia menjelaskan keberangkatan jemaah umrah tergantung pihak travel, tidak ada skala priorotas meski sempat tertunda selama dua tahun.

"Memang tidak ada skala priotitas, berbeda dengan haji," kata dia.

Kepala Seksi Haji dan Umrah pada Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, Hasbialloh, menambahkan, pihaknya belum menerima surat resmi dari pemerintah pusat mengenai keberangkatan jemaah umrah.

Ia juga belum bisa menyampaikan apa yang menjadi syarat utama jemaah yang harus dipenuhi agar bisa menunaikan ibadah umrah.

"Menurut informasi memang sudah dibuka, tapi surat resmi dari pemerintah pusat kami belum menerima," kata Hasbialloh.

Jika nanti sudah menerima, akan langsung disosialisasikan kepada KUA di tiap kecamatan dan pihak travel untuk disampaikan kepada masyarakat.

Namun ia menegaskan belum bisa mengetahui jumlah pasti kuota jemaah untuk Purwakarta.

"Karena belum menerima surat resmi, kami juga belum bisa memastikan waktu keberangkatan dan berapa jumlah kuota untuk Purwakarta," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved