Breaking News:

Besok Pilkades, RSUD Bayu Asih Purwakarta Siapkan 2 Psikiater, Antisipasi Calon Kades yang Depresi

RSUD Bayu Asih Purwakarta siapkan 2 psikiater untuk mengantisipasi calon Kades yang depresi akibat gagal terpilih.

Penulis: Irvan Maulana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Dwiki MV
RSUD Bayu Asih Purwakarta, Rabu (16/6/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Untuk menangani pasien rawat jalan dan Calon Kepala Desa yang mengalami depresi karena tidak terpilih dalam Pilkades serentak esok hari di Purwakarta, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta telah menyiapkan klinik kedokteran jiwa disertai dua orang dokter ahli kesehatan jiwa.

Direktur Utama RSUD Bayu Asih Purwakarta Agung Darwis Suriaatmaja mengatakan, pihaknya belum menyiapkan ruang rawap inap khusus untuk pasien depresi.

"Sementara ini kami belum menyiapkan ruang rawat inap khusus untuk pasien depresi, namun kami menyiapkan klinik kesehatan jiwa disertai 2 psikiater untuk penanganan pasien depresi," ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (15/10/2021).

Agung mengimbau agar para calon mempersiapkan diri dan fokus pada pengendalian diri, sehingga bisa fokus dan siap menerima kondisi kejiwaan apapun.

"Harus selalu dikondisikan agar mereka yang mengalami kegagalan tersebut tidak mengalami stres berkelanjutan agar fisik dan jiwanya tetap sehat usai menerima hasil pemilihan," kata dia.

Kendati demikian, berdasarkan pengalaman Pilkades serentak sebelumnya, RSUD Bayu Asih tercatat tidak pernah menerima pasien eks calon kades yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kalah dalam pemungutan suara.

"Sejauh ini, sepengalaman kami memang belum pernah merawat pasien depresi akibat gagal terpilih dalam Pilkades," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 573 calon kepala desa akan bertarung memperebutkan 170 kursi kepala desa di 17 kecamatan se-Kabupaten Purwakarta.

Baca juga: Kisah Unik Pilkades, Gadis Cantik Bertarung dengan Ayahnya yang Sering Diajak Diskusi Soal Kampanye

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved