Breaking News:

Puncak II Solusi Kemacetan Bogor-Cianjur, Dua Pemkab Minta Rp 5 Triliun ke Pemerintah Pusat

Jalur Puncak II diharapkan menjadi solusi kemacetan jalan Bogor-Cianjur.

Istimewa
Jalan Puncak II di Kampung Ciseureuh, RT 03/06, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur terus berupaya kepada Pemerintah Pusat agar segera melaksanakan pembangunan ruas jalur Puncak II.

Jalur Puncak II merupakan satu solusi pemecahan kemacetan di jalur Puncak. 

Akses jalan ini merupakan penghubung antara Kabupaten Bogor-Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur.

"Saya sama Bupati Bogor selaku pengusul dan juga Komisi V DPR RI selalu melakukan koordinasi agar jalur Puncak II bisa terealisasi, kalau jalur Puncak II sebagai jalur nasional strategis," kata Bupati Cianjur Herman Suherman, Kamis (14/10/2021) sore.

Herman mengatakan, berbagai pihak turut mendukung salah satunya perkebunan PT Maskapai Perkebunan Moelia (MPM) yang menghibahkan lahan untuk pembangunan ruas jalur Puncak II.

"Ini hanya tinggal dari Pemerintah Pusat saja, kalau Cianjur tidak ada masalah, bahkan di depan Menteri Agraria pihak PT MPM akan menghibahkan tanah yang akan dilalui oleh jalur Puncak Dua," katanya.

Ia mengatakan, untuk anggaranya sendiri, Pemkab Cianjur sepakat dengan Pemerintah Bogor untuk meminta anggaran dari pusat kurang lebih sebesar Rp 5 Triliun.

“Saat ini, pembangunan jalur eksisting sudah dilaksanakan, mudah-mudahan dengan dibangun jalur eksisting Pemerintah Pusat mulai melaksanakan Pembangunan Jalur Puncak II," katanya.

Dengan dibangunnya jalur Puncak II, lanjutnya, diharapkan banyak wisatawan masuk ke Cianjur  sehingga bisa mendorong ekonomi lebih meningkat.

"Sekarang, kan, karena macet, jadi pada malas ke Cianjur, sekarang vila tidak terisi, hotel pengunjung ya masih sedikit, karena banyak pengunjung yang enggan ke Cianjur dengan dalih macet, kalau sudah dibangun mungkin investasi di Cianjur bisa tumbuh seperti dulu lagi," ujarnya.

Zaki, warga Kampung Ciseureuh, RT 03/06, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, berharap, jika pembangunan jalur Puncak II segera direalisasikan, karena akan banyak sekali manfaat bagi warga sekitar.

“Kalau dibangun kan bisa meningkatkan ekonomi, jadi banyak yang lewat ke sini, sekarang aja kalau Sabtu dan Minggu dari Jakarta suka banyak yang lewat sini," katanya.

Baca juga: Jalur Puncak II Jadi Prioritas Bupati Cianjur, Disampaikan ke Gubernur Saat Kopdar Jawa Barat

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved