Breaking News:

Penderita Kanker Perlu Tahu, Bukan Obat Mahal, Ini Manfaat Lain Jeruk Purut, Bisa Cegah Ini

Saat ini, telah banyak cara pengobatan kanker, salah satunya ialah kemoterapi

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Jeruk purut 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kanker merupakan penyebab kematian tertinggi nomor tujuh di Indonesia. Saat ini, telah banyak cara pengobatan kanker, salah satunya ialah kemoterapi.

Dikutip dari laman resmi UGM, jenis terapi ini yang paling umum digunakan dan agen kemoterapi yang sering dijadikan pilihan adalah doxorubicin.

Namun, penggunaan obat ini dapat menimbulkan berbagai efek samping, antara lain, kerontokan rambut, kardiotoksisitas, dan penurunan sistem imun.

Baca juga: Jangan Sampai Terlambat, Banyak Terjadi Pada Wanita, Berikut Gejala Kanker Tiroid

Yang terakhir ini bahkan mengakibatkan rentannya penderita kanker terkena infeksi karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Sementara ini, belum ditemukan cara yang efektif untuk mencegah penurunan sistem imun (imunosupresi).

Hingga pada akhirnya, sebuah kabar gembira dibawa oleh mahasiswa Fakultas Farmasi UGM. Akhirnya, ditemukan cara untuk mencegah imunosupresi.

Bahan obat ini tidak berharga mahal atau harus diimpor seperti obat doxorubicin, tetapi hanya dari kulit buah yang jamak ditemui di Indonesia.

Apa itu?

Kulit jeruk purut.

Berdasarkan hasil penelitian mahasiswa Farmasi UGM ini, kulit jeruk purut mengandung senyawa yang mampu mencegah imunosupresi pada kemoterapi kanker.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved