Breaking News:

Luluskan 93 Dokter Muda, FK UNJANI Lampaui Capaian Rata - Rata Nasional

Tentunya ini merupakan prestasi yang membanggakan Unjani, karena kami mampu melampaui rata-rata nasional

Penulis: Cipta Permana | Editor: bisnistribunjabar

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) melakukan pengangkatan sumpah profesi dan penyerahan ijazah kepada 93 lulusan dokter muda yang telah menyelesaikan program studi, telah dinyatakan lulusan dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Agustus Tahun akademik 2021/2022.

Rektor Unjani, Prof. Hikmahanto Juwana dalam sambutannya, mengapresiasi capaian prestasi dari para lulusan. Terlebih, dengan dilantiknya para dokter muda tersebut, Unjani berhasil melampaui rata-rata target nasional, dengan capaian 92 persen dari total angkatan di Fakultas Kedokteran.

sda
 
unjani3aa
 

"Tentunya ini merupakan prestasi yang membanggakan Unjani, karena kami mampu melampaui rata-rata nasional. Kami juga ucapkan selamat kepada para lulusan dan orangtua wisudawan yang telah sabar dan setia mendampingi dan menanti setelah sekian lama, hingga hari ini putra-putrinya berhasil meraih cita-citanya meraih gelar sebagai dokter," ujarnya dalam pidato pengangkatan sumpah dan penyerahan ijazah profesi dokter di Hotel Pullman, Kota Bandung, Rabu (13/10/2021).

Ia berpesan, agar perjuangan dan proses belajar dari para wisudawan tidak terhenti hanya hingga hari ini, melainkan harus terus meningkat kualitasnya sepanjang hayat, serta peka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan terkini.

"Teruslah kalian belajar dan semangat. Jadilah dokter yang berprestasi dengan tetap berkarya memberikan yang terbaik bagi masyarakat, dan turut berkontribusi dalam membangun kemajuan pendidikan di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu menghormati dan menghargai jasa orangtua, dan ketika kelak telah sukses nanti, tidak melupakan almamater Universitas Jenderal Achmad Yani," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unjani, Brigjen TNI (Purn.) dr. Sutrisno, menurutnya dengan telah dilakukannya upacara angkat sumpah profesi dokter muda ini, maka selesai juga status dan tugas proses akademik sebagai mahasiswa.

unjani4aa
 

Sutrisno juga berpesan kepada lulusan dokter baru, agar bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan berpegang teguh kepada sumpah profesi dokter yang telah diucapkan.

"Upacara angkat sumpah ini merupakan salah satu bagian akhir dari rangkaian proses akademik bagi mahasiswa kedokteran sebagai tanda kelulusan. Kami menitipkan bagi mereka (dokter muda) untuk senantiasa berpegang teguh pada sumpah profesi dan berkomitmen untuk dapat terus melayani masyarakat secara sungguh-sungguh," ujarnya di lokasi yang sama.

Wakil Dekan 3 FK Unjani, dr. Sylvia Mustikasari, selaku ketua penanggungjawab kegiatan, menjelaskan bahwa karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, memaksa pelaksanaan pengangkatan sumpah profesi dokter digelar secara hybrid.

"Sebagaimana arahan pemerintah terkait aturan protokol kesehatan, maka pelaksanaan kali ini digelar secara daring dan luring atau hybrid, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kerumunan yang dapat menyebabkan penularan covid-19. Meski demikian, hal ini tidak mengurangi kekhidmatan dari prosesi upacara tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, beberapa mahasiswa atau alumni FK Unjani selama ini telah menunjukan prestasi yang mendunia, salah satunya dr. Arief Wibowo telah menerima penghargaan "King Baudouin Award" dari King Baudouin Foundation, yayasan di bawah pengawasan langsung Ratu Belgia atas hasil risetnya.

"Para mahasiswa dan alumni FK Unjani telah banyak yang menghasilkan prestasi, baik ditingkat nasional maupun internasional. Hal ini memberikan motivasi bagi kita untuk terus maju melakukan yang terbaik untuk bangsa, khususnya bagi almamater FK Unjani," katanya.

Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari dokter baru kepada Rektor, Dekan, Ka Prodi, Ka Kesdam III/Slw, Karumkit Dustira Cimahi, Persatuan Orangtua Mahasiswa (Poma), Ketua IKA FK, kepada BEM Fakultas, dan pemasangan pin Alumni oleh Ketua IKA FK Unjani.

Serta pemberian penghargaan oleh Wakil Dekan 2 FK Unjani, dr. Daswara, kepada lulusan peraih IPK tertinggi, dr. Regina Mega Ayu Putri Santoso, dan lulusan terbaik peraih nilai CBT tertinggi UKMPPD periode Agustus Tahun akademik 2021/2022, dr. Intan Royani.
(Cipta Permana).

Kepsyen : Puluhan lulusan profesi dokter muda FK Unjani membacakan sumpah profesi, dalam kegiatan pengangkatan sumpah dan penyerahan ijazah profesi dokter di Hotel Pullman, Kota Bandung, Rabu (13/10/2021) / Cipta Permana.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved