Breaking News:

Kota Bandung Ungguli Los Angles Hingga Dubai Soal Ini, Masuk 50 Kota Pintar di Dunia

Pemkot Bandung masuk dalam jajaran 50 pemerintahan kota pintar dunia berdasar hasil studi dari Eden Strategy Institute

TRIBUNJABAR.CO.ID/ISAL MAWARDI
Arus lalu lintas di Jalan Ir H Juanda ke arah Jalan Merdeka terpantau padat, Jumat (15/9/2017) siang. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menghadiri kegiatan Indo Smart City Forum and Expo (ISCFE) yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Dia berharap para pemimpin pemkot di Indonesia bisa secara intens bertukar pikiran mengenai penerapan smart city di kota masing-masing.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya dalam keterangan rilis menyebut smart city merupakan kota yang mampu menggunakan sumber daya manusia, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan kualitas pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, serta kualitas kehidupan yang tinggi.

Baca juga: PSI Sebut Tidak Ada Peningkatan Smart City di Kota Bandung Sejak Ditinggal Ridwan Kamil

"Smart city ini konsep kota pintar yang membantu warga dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien. Tujuan utama smart city itu bagaimana melestarikan lingkuangan, meningkatkan daya saing ekonomi dan membangun masyarakat modern yang madani dengan saling berhubungan antarsistem, serta terpadu untuk semua lapisan masyarakat dan antarlembaga pemerintahan," ujar Bima.

Pemkot Bandung masuk dalam jajaran 50 pemerintahan kota pintar dunia berdasar hasil studi dari Eden Strategy Institute yang merupakan firma konsultan strategi yang ada di Singapura.

Baca juga: Perluas Transaksi Digital, bank bjb Dukung Kota Cirebon Menuju Smart City

Kota Bandung ini menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang masuk dalam jajaran 50 besar dan menempati peringkat 28 diapit oleh Kota Oslo (Swedia di 27), dan Kota Hangzhou (Cina di 29).

Bahkan, Kota Bandung ini ungguli kota seperti Adelaide (Australia di 31), Boston (Amerika Serikat di 32), Dubai (Uni Emirat Arab di 34), Frankfurt (Jerman di 38), serta Los Angles (Amerika Serikat di 40)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved