Breaking News:

Bandrek Spesial di Palabuhan Ratu, Sehatkan Tubuh dari Dinginnya Angin Pantai

Untuk menghangatkan badan ditengah dinginnya malam, ada Bandrek Spesial Ibu Jawa di Jalan Siliwangi Palabuhan Ratu K(depan RM Baraya) yang bisa dicoba

Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / M Rizal Jalaludin
Bandrek spesial Ibu Jawa di Palabuhan Ratu, Sukabumi 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Suhu malam di Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi mencapai 25 derajat celcius.

Wilayahnya yang berdekatan dengan pantai menjadi salah satu faktor dinginnya suasana malam di Palabuhan Ratu.

Untuk menghangatkan badan ditengah dinginnya malam, ada Bandrek Spesial Ibu Jawa di Jalan Siliwangi (depan RM Baraya) yang bisa dicoba.

Dengan harga Rp 10 ribu kita sudah bisa menikmati bandrek lengkap dengan toping kolang-kaling dan kelapa. Ibu Jawa, penjual bandrek spesial ibu Jawa ini mengatakan, bahan dasar bandrek ini yakni jahe merah dan gula merah yang telah direbus.

Dalam penyajiannya, terlebih dulu dimasukan kolang-kaling, kelapa dan susu. Lalu, dimasukan godokan jahe dan gula yang telah direbus.

Baca juga: Kondisi Dua Orang di Palabuhanratu Sukabumi yang Tiba-tiba Diserang Orang Bermotor, Satu Luka Parah

"Kolang kaling sama kelapa muda pake susu, bahan dasar bandrek jahe merah sama gula merah. Penyajiannya pertama masukan kolang kaling, kelapa dan susu, lalu dimasukan air godokan jahe merah dan gula. Selain bandrek ada ketan bakar, roti bakar, pisang bakar," ujarnya, Kamis (14/10/2021) malam.

Ia mengaku sudah berjualan selama enam tahun. Bandreknya selalu jadi buruan pembeli karena memiliki khasiat yang menyehatkan tubuh.

"Sudah 6 tahun jualan, buka dari jam 5 sampai jam 11, kalau rame nyampe jam 12. Ini kan dari rempah-rempah banyak kata yang udah-udah kalau yang udah minum ini masuk angin hilang, badan jadi ringan," jelasnya.

Salah seorang pembeli, Edo (30), mengaku, sudah berlangganan di Bandrek Spesial Ibu Jawa ini. Ia mengatakan, banyak khasiat yang ia rasakan setelah minum bandrek tersebut.

"Sering sih, saya udah beberapa kali di sini, kadang sama keluarga. Emang bandrek ibu Jawa ini selain miliki khasiat rasa jahe merahnya kerasa banget, jadi ini bagus untuk stamina, untuk hilangkan masuk angin dan terutama tadi jadi penghangat badan. Kalau untuk rasa ini memang beda dengan bandrek-bandrek yang ada di Palabuhanratu, rasa jahe dan topingnya itu menyatu, jadi ada sensasi yang berbeda ketika kita minum jahe kita ada kolang-kaling dan kelapanya," ucapnya.* (M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved