Breaking News:

Tak Hanya Covid-19, 7 Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Pada Saat Musim Pancaroba

Peralihan musim kemarau menuju musim penghujan  dengan kondisi cuaca ekstrim sangat rentan terhadap serangan penyakit.

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi musim pancaroba 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Peralihan musim kemarau menuju musim penghujan  dengan kondisi cuaca ekstrim sangat rentan terhadap serangan penyakit. Perubahan cuaca panas tiba-tiba menjadi dingin mengakibatkan kondisi kesehatan menurun sehingga mudah terjangkit penyakit.

Dikutip dari laman resmi UGM, dr. Domas Fitria Widyasari, dokter Rumah Sakit (RS) UGM menyebutkan berbagai penyakit akibat virus maupun bakteri biasa menyerang saat musim pancaroba.

Beberapa penyakit yang sering timbul adalah demam berdarah (DBD), ISPA, flu, diare,  tifus, dan penyakit lain akibat virus, seperti cacar air dan campak.

Sejumlah penyakit ini patut diwaspadai baik oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Penyakit karena virus, kata dia, akan lebih mudah untuk berkembang biak saat peralihan musim.

Dengan kondisi lingkungan yang lembab dan paparan sinar matahari yang mulai berkurang pertumbuhan virus akan berlangsung lebih cepat.

Ia menghimbau masyarakat untuk lebih waspada menghadapi musim pancaroba ini. Kondisi cuaca yang buruk harus diantisipasi dengan menjaga kondisi tubuh dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit yang berkembang di musim pancaroba.

“Jalani pola hidup sehat. Pastikan asupan makanan dan air putih yang cukup, serta  istirahat agar kekebalan dan daya tahun tubuh tetap terjaga,” jelasnya, Rabu (11/11) di RS UGM.

Kepala Instalasi Rekam Medik RS UGM ini menyampaikan untuk kasus demam berdarah akan terus mengalami peningkatan hingga musim penghujan mendatang.

Pasalnya, dengan intensitas curan hujan yang tinggi akan menimbulkan lebih banyak genangan air sebagai tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved