Breaking News:

Sudah PPKM Level 3, Tahapan Pilkades di Bandung Barat Dilanjutkan, Ini Agenda Selanjutnya

Tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Bandung Barat akhirnya dilanjutkan.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Tribunnews
Ilustrasi Pilkades Serentak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 41 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhirnya bisa dilanjutkan setelah mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Seperti diketahui, tahapan Pilkades serentak 2021 di KBB ini sempat ditunda karena agendanya terhenti sejak diberlakukan PPKM Darurat pada 3 Juli 2021 sesuai surat keputusan panitia Pilkades Nomor 1 tahun 2021 tentang Jadwal Pilkades Serentak dan Surat Edaran Mendagri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) KBB, Wandiana, mengatakan, Pilkades Serentak 2021 di KBB ini bisa dilanjutkan karena wilayahnya sudah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Level 3 itu sudah boleh melanjutkan tahapan, tidak ada penundaan, kalau level 4 penundaan. Level 3 boleh lanjut, tapi tetap memperhatikan prokes yang ketat setiap tahapan," ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemda KBB, Rabu (13/10/2021).

Pihaknya memastikan, setiap tahapan Pilkades Serentak ini akan diberlakukan protokol kesehatan secara ketat, termasuk tahapan kampanye, sehingga jika tahapan itu mengundang kerumunan tidak akan diizinkan dan dilakukan secara daring. 

"Di dalam prokes itukan tidak boleh ada tampilan atau hiburan enggak boleh, sesuai dengan imbauan Kemendagri sejak awal. Jadi kalau bisa secara daring, tidak boleh ada arak-arakan dan kerumunan dalam kampanye," kata Wandiana.

Untuk saat ini, pihaknya telah menyusun draf Surat Keputusan (SK) Bupati terkait kelanjutan jadwal pencoblosan Pilkades Serentak. Dalam draf tersebut telah diusulkan waktu pencoblosan tanggal 28 November 2021. 

"Kalau besok ditandatangan lanjut tahapan. Kemarin berhenti, nah, kalau SK ditandatangan lanjut ke DPS, terus nanti lanjutkan tahapan seperti biasa sesuai jadwal kemarin," ucapnya.

Untuk diketahui, tahapan Pilkades yang terhenti itu baru sampai penyusunan Data Pemilih Sementara (DPS) saja.

Kemudian setelah adanya izin Kemendagri ini Pilkades dilanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu, menentukan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Tetap (DPT), pembukaan pendaftaran, kampanye, masa tenang, pencoblosan, dan terakhir pelantikan.

Baca juga: Amankan Pilkades Serentak, Polres Purwakarta Kerahkan 1.250 Personel dan Awasi Daerah Rawan Konflik

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved