Sosok Juri Ardiantoro, Ketua Tim Seleksi Anggta KPU-Bawaslu, Dulunya Tim Kampanye Jokowi

Selepas menjabat Ketua KPU, Juri aktif sebagai anggota Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin di masa kampanye Pemilu 2019

Kompas.com/Robertus Belarminus
Mantan Ketua KPU Juri Ardiantoro (kiri) dan Mantan Komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay (kanan) di dalam gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis (22/6/2017) 

TRIBUNJABAR.ID - Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 telah ditentukan.

Jabatan tersebut diisi oleh Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro.

Tim seleksi tersebut berjumlah 11 orang yang di antaranya terdiri dari anggota Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) hingga mantan Komisioner KPU.

Baca juga: Bawaslu dan BPJAMSOSTEK Beri Santunan Kematian Panwas Adhoc Kota Depok

Dilansir dari Kompas.com, nama-nama tim seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/P Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Masa Jabatan 2022-2027.

Diketahui, sebelum menjabat Deputi IV KSP, Juri merupakan Ketua KPU pada 2016-2017 menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal dunia pada 7 Juli 2016.

Ia lahir di Brebes tepatnya 6 April 1973 dan mengeyam pendidikan S1 Universitas Negeri Jakarta, lalu melanjutkan ke jenjang S2 di Universitas Indonesia, hingga menempuh jenjang S3 di Universiti Malaya, Malaysia.

Juri meniti karier di bidang kepemiluan sejak aktif sebagai salah satu pendiri Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP).

Ia pun menjabat Sekretaris Jenderal KIPP pada 2003.

Ia terpilih sebagai Komisioner KPUD DKI Jakarta periode 2008-2013. Kariernya di bidang kepemiluan terus menanjak dengan terpilihnya dia sebagai anggota KPU periode 2012-2017.

Hingga akhirnya terpilih sebagai Ketua KPU menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal dunia.

Selepas menjabat Ketua KPU, Juri aktif sebagai anggota Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin di masa kampanye Pemilu 2019.

Ia menjabat Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Juri Ardiantoro, Eks Tim Kampanye Jokowi yang Jadi Ketua Tim Seleksi Anggota KPU-Bawaslu",

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved