Breaking News:

PHRI KBB Sebut Parkir Liar Rp 150 Ribu di Lembang Tak Akan Surutkan Pengunjung untuk Berwisata

PHRI Kabupaten Bandung Barat menilai parkir liar Rp 150 ribu di sekitar objek wisata Lembang tak akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar
ILUSTRASI situasi lalu lintas di depan tempat wisata Farmhouse, Lembang, Sabtu (3/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menilai adanya parkir liar yang dipatok Rp 150 ribu di sekitar objek wisata Lembang tidak akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan.

Wakil Ketua PHRI KBB, Eko Supriyanto mengatakan, adanya kejadian itu tidak akan menyurutkan pengunjung untuk berwisata karena kawasan Lembang sudah menjadi salah satu icon wisata yang akan selalu menggoda para wisatawan untuk berkunjung.

"Gak akan jadi turun menurut saya. Tapi kalau dibiarkan dengan pelayanan yang buruk, jangka panjang yang akan jadi masalah," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (13/10/2021).

Kendati demikian, pihaknya meminta Pemkab Bandung Barat untuk melakukan pembinaan terhadap para pelaku wisata, termasuk juru parkir yang biasa memanfaatkan momen ketika kunjungan wisatawan meningkat hingga akhirnya membuka parkir liar.

"Jadi pemerintah perlu melakukan langkah-langkah sosialisasi, pembinaan agar pelaku wisata ini ramah akan wisatawan," kata Eko.

Menurutnya, upaya itu perlu dilakukan karena pihaknya khawatir terhadap mental warga yang kehilangan sapta pesonanya sehingga warga yang bergerak sebagai pelaku wisata seperti halnya juru parkir untuk selalu menanamkan sadar wisata.

"Karena kalau tidak, nanti kelakuan-kelakuan yang buruk akan terus menjalar nih. Itu baru penarikan parkir nanti mungkin objek yang sudah dibangun dirusak, mungkin konsumen dipalak," ucapnya.

Baca juga: Viral Tarif Parkir Rp 150 Ribu di Farm House Lembang, Pemprov Jabar: Jangan Mahal Apalagi Malak

Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Lembang, Ipda Yana Suryana, mengatakan, aksi pungutan liar berupa tarif parkir Rp 150 ribu itu bermula ketika dua rombongan bus dari luar daerah hendak berwisata ke objek wisata Farm House Lembang pada pukul 16.30 WIB.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved