Breaking News:

Kota Cirebon Punya Ruang Kreatif Ahmad Djuhara, Ridwan Kamil Ungkap Makna di Balik Nama

Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap Ruang Kreatif Ahmad Djuhara di Kota Cirebon dapat menjadi ruang generasi muda Ciayumajakuning untuk berkarya

Foto Biro Adpim Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka acara Tentang Ahmad Djuhara Pameran dan Talkshow di Ruang Kreatif Ahmad Djuhara, Kota Cirebon, Selasa (12/10/2021). () 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil berharap Ruang Kreatif Ahmad Djuhara di Kota Cirebon dapat menjadi ruang generasi muda Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan) untuk terus berkarya.

"Saya harapkan ruang ini melahirkan inspirasi. Dan Ciayumajakuning, anak-anaknya, melompat kreativitasnya karena sering bertemu di sini," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat membuka acara Tentang Ahmad Djuhara Pameran dan Talkshow di Ruang Kreatif Ahmad Djuhara, Kota Cirebon, Selasa (12/10/2021) malam.

Ahmad Djuhara sendiri merupakan nama arsitek gedung creative center di Kota Cirebon. Setahun sebelum gedung tersebut diresmikan, Djuhara menghembuskan napas terakhir. Untuk menghormati sang arsitek, maka gedung tersebut diberi nama Ruang Kreatif Ahmad Djuhara.

Baca juga: Gambaran Kekuatan Ridwan Kamil dan Prabowo di Jabar Jika Bertarung di Pilpres 2024

Selain memberikan penghormatan, Kang Emil juga ingin menjadikan Ahmad Djuhara sebagai sumber inspirasi banyak orang.

"Orang juga akan bertanya kalau datang ke sini siapakah Ahmad Djuhara. Dengan nanti narasi, karyanya mudah-mudahan yang datang khususnya di Ciayumajakuning tiba-tiba kepikiran ingin seperti sosok yang namanya di sini," ucapnya.

Ahmad Djuhara merupakan Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) periode 2018-2021. Selama berkarier di dunia arsitektur, Djuhara meraih sejumlah penghargaan. Salah satunya Penghargaan III-Maket Terbaik dari International Architecture Biennale Rotterdam 2005 untuk Maket Batavia 1681.

Karya Djuhara yang akan melekat di dunia arsitektur Indonesia adalah Rumah Baja Wisnu. Hingga kini, karya tersebut masih berdiri dan sering dijadikan kajian studi mahasiswa arsitektur maupun arsitek pemula.

Selain itu, Kang Emil juga akan memberikan beberapa karya lukisannya untuk dipajang dan dinikmati oleh masyarakat yang datang ke Ruang Kreatif Ahmad Djuhara.

Baca juga: Ridwan Kamil: Lulusan SMK Penyumbang Pengangguran Tertinggi di Jawa Barat, Pemprov

"Nanti ada karya saya intinya itu kegelisahan saya selama satu setengah tahun COVID, saya salurkan ke dalam imajinasi saya. Silahkan dinikmati," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved