Breaking News:

Kelembaban Tinggi Saat Musim Hujan, Penderita Penyakit Ini Perlu Waspda, Berpotensi Kambuh

Kelembaban yang tinggi saat hujan bisa memicu kekambuhan antara lain pada pasien dengan riwayat dan faktor risiko penyakit asma dan jantung

Editor: Siti Fatimah
Hujan deras di Pasteur Bandung, Jumat (7/5/2021) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hujan mulai terus mengguyur sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Jawa Barat. Daearh-daerah sudah memasuki musim hujan yang ditandai dengan itensitas hujan yang cukup tinggi.

Pada saat musim hujan menjaga kesehatan sangatlah penting agar tidak mudah sakit.

Terlebih musim hujan kali ini juga masih ditengah pandemi Covid-19.

Dikutip dari laman resmi UGM,  Pakar promosi kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyakarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., PhD., mengatakan terdapat beberapa jenis penyakit yang sering muncul pada musim penghujan baik penyakit menular maupun tidak menular.

Baca juga: Tak Hanya Covid-19, 7 Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Pada Saat Musim Pancaroba

"Jenis penyakit tertentu relatif tinggi kejadiannya selama musim hujan seperti influenza, ISPA, diare, demam berdarah, cikungunya, cacingan, serta leptospirosis," jelasnya saat dihubungi Rabu sore (8/1).

Disamping beberapa penyakit menular tersebut, Fatwa menyebutkan sejumlah penyakit tidak menular juga rentan menjangkit tubuh saat musim hujan.

Kejadian kecelakaan tidak jarang terjadi mengakibatkan hujan seperti tertimpa pohon, terpeleset, tersengat listrik dan lainnya.

Sejumlah penyakit juga akan terpicu kekambuhannya karena kelembaban yang tinggi saat hujan antara lain pada pasien dengan riwayat dan faktor risiko penyakit asma dan jantung.

Kepala Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial FKKMK UGM ini menekankan perlunya langkah antisipatif agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit yang mungkin muncul di musim hujan.

Dia menyarankan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan umum, salah satunya adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved