Breaking News:

Berawal dari Taman Nasional Kerinci, Kebun Raya Cibodas Kini Memiliki Belasan Spesimen Bunga Bangkai

Kebun Raya Cibodas-BRIN memiliki koleksi bunga bangkai sejak tahun 2000 hasil pengoleksian dari Bukit Sungai Talang, Taman Nasional Kerinci Sebelat

TRIBUNJABAR.ID/FERRI AMIRIL MUKMININ
Salah satu koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas-BRIN, Cianjur, Jawa Barat. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Bunga bangkai atau dalam bahasa latin disebut Amorphophallus titanum Becc merupakan tumbuhan dengan perbungaan terbesar di dunia.

Bunga ini termasuk keluarga Araccac talas-talasan dan merupakan tanaman asli Indonesia, endemik dari Sumatera.

Fitri Kurniawati, Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas BRIN, mengatakan, tumbuhan ini pertama kali ditemukan oleh Dr Odoardo Beccari, seorang ahli botani dari Italia pada tahun 1878. Ia menemukan tumbuhan ini di sekitar air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.

Menurutnya, Kebun Raya Cibodas-BRIN telah memiliki koleksi bunga bangkai sejak tahun 2000 hasil pengoleksian dari Bukit Sungai Talang, Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), Sumatera Barat.

"Sampai saat ini di Kebun Raya Cibodas telah memiliki 13 spesimen, terdiri atas spesimen yang merupakan induknya hasil pengoleksian berupa umbi, sedangkan 12 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji. 12 spesimen yang berasal dari biji ditanam pada tahun 2003," ujar Fitri di Kebun Raya Cibodas, Rabu (13/10/2021).

Ia mengatakan, keadaan koleksi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas pada saat ada 1 spesimen pada fase generatif, 4 spesimen fase vegetatif, dan 8 spesimen fase dorman.

Amorphophallus titanum Becc termasuk dalam katagori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Selain Bunga Bangkai, Kebun Raya Cibodas BRIN memiliki banyak destinasi konservasi menarik, seperti Taman Sakura, Taman Lumut, Taman Obat, Taman Liana, Taman Paku, dan Taman Gesnerias dengan status sebagai lembaga konservasi, Kebun Raya Cibodas BRIN memiliki sekitar 2.123 jenis tanaman koleksi. (ferri amiril)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved