Breaking News:

Penyuka Bonsai Wajib Datang ke Ciamis Akhir Bulan Ini, Ada Kontes yang Hadirkan Bonsai Kelas Bintang

Anda yang menyukai bonsai harus datang ke Ciamis di akhir bulan Oktober ini.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
Istimewa/Dok Pribadi Andang
Bonsai juara nasional kelas madya asal Ciamis berupa beringin philipine akan tampil pada pameran dan kontes bonsai “Pesona Galuh Bonsai Festival 2021” di Taman Lokasana Ciamis, 18-30 Oktober nanti. Pameran bonsai nasional tersebut juga akan menampilkan berbagai bonsai kelas bintang dari Bandung, Jepara, dan Jakarta. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Pameran dan kontes bonsai tingkat nasional akan digelar di Ciamis mulai tanggal 18 Oktober sampai 30 Oktober 2021.

Kegiatan yang bertajuk “Pesona Galuh Bonsai Festival 2021” tersebut akan berlangsung di Taman Lokasana Ciamis dengan menghadirkan bonsai-bonsai berkelas dari berbagai daerah.

“Seperti bonsai kelas bintang dari Jakarta, Bandung, dan Jepara,” ujar Andang Irfan Sahara, Ketua Panitia Pameran dan Kontes Bonsai “Pesona Galuh Bonsai Festival 2021” kepada Tribun, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan Pesona Galuh Bonsai Festival 2021 ini menurut Andang akan dihadiri para penggemar bonsai dari berbagai berbagai daerah di Tanah Air.

Dan akan menghadirkan bonsai-bonsai dari berbagai kelas, mulai kelas prospek, kelas regional, kelas madya, kelas utama dan tentunya juga bonsai kelas bintang.

Termasuk bonsai juara nasional dari Ciamis berupa beringin pilipine yang baru masuk kelas madya.

“Belum kelas bintang, tapi juara nasional di pameran bonsai di Cirebon tanggal 3 Oktober lalu. Di Ciamis juga sudah banyak penggemar bonsai yang serius. Mereka ada di berbagai komunitas,” katanya.

Seperti penggemar bonsai asal Sukamantri  yang tergabung dalam komintas Kaboga.

Maupun di Panjalu (Ibun Panjalu), pengemar bonsai Rancah, Geger Bentang Pamarican, Banjarsari-Banjaranyar, Cidolog-Cimaragas serta Bonsai Galuh Ciamis.

“Semua tergabung dalam wadah PPBI Cabang Ciamis,” ujar Andang.

Kegiatan pameran dan kontes bonsai Pesona Galuh Bonsai Festival 2021 tersebut menurut Andang diawali dengan penerimaan pohon (18-19/10), penjurian (20-23/10), pembukaan (24/10) berikut workshop dan demo master, pameran (25-27/10), dan  penutupan (28/10) dan pengundian doorprize berupa sebuah sepeda motor.

Selama berlangsung pameran bonsai “Pesona Galuh Bonsai” tersebut diberlakukan prokes yang ketat.

“Sekaligus juga gebyar vaksin,” katanya.

Dengan dilaksanakannya pameran dan kontes bonsai di Tatar Galuh ini diharapkan minat masyarakat Ciamis terhadap bonsai makin meningkat.

Baca juga: VIDEO-Bonsai Dibandrol Ratusan Juta Rupiah, Bahkan Ada yang 1 Miliar, Ini Kriteria Tanaman Bagus

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved