Breaking News:

IKA Komisariat FPOK UPI Menggelar Kegiatan Bakti Sosial

Ikatan Alumni (IKA) Komisariat FPOK UPI Bandung menggelar kegiatan bakti sosial untuk membantu mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan bantuan.

tribun jabar/fakhri fadlurrohman
Ketua IKA Komisariat FPOK UPI Bandung, Brigjen Pol Dr. Juansih, Dra, S. H., M. Hum., secara simbolis memberikan bantuan kepada perwakilan mahasiswa saat kegiatan bakti sosial IKA Komisariat FPOK UPI Bandung, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Fakhri Fadlurrohman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ikatan Alumni (IKA) Komisariat FPOK UPI Bandung menggelar kegiatan bakti sosial untuk membantu mahasiswa dan masyarakat yang membutuhkan bantuan, Selasa (12/10/2021) di Gedung Fakultas FPOK UPI Bandung. Kegiatan baksos ini pun bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara alumni dan mahasiswa FPOK UPI Bandung,

Acara bakti sosial ini dihadiri langsung oleh Ketua IKA Komisariat FPOK UPI Bandung Brigjen Pol Dr. Juansih, Dra, S. H., M. Hum., Ketua BEM FPOK, Adillo Alman Ahmad; Wakil Dekan III FPOK UPI, Dr H. Dian Budiana, M. Pd.; serta jajaran alumni FPOK UPI Bandung dan perwakilan dari mahasiswa aktif FPOK UPI.

Ketua IKA Komisariat FPOK UPI Bandung Brigjen Pol Dr. Juansih, Dra, S. H., M. Hum., mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk saling memperkuat jejaring antara mahasiswa FPOK dengan para alumni melalui kegiatan bakti sosial untuk mahasiswa dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ini. Juansih memaparkan bahwa bantuan sosial ini merupakan hasil dari gotong royong alumni IKA FPOK. 

"Kami dari keluarga besar IKA Komisariat FPOK UPI Bandung bersama-sama menjalin silaturahmi melalui tali asih kepada masyarakat dan adik-adik mahasiswa yang  memang membutuhkan. Jadi kita secara ikhlas bergotong-royong untuk menggelar kegiatan bakti sosial ini. Saya berterimakasih kepada rekan-rekan yang telah memberikan perhatian," kata dia.

"Adik-adik mahasiswa ini berkuliah di sini melalui program bidik misi, tentu kita-kita para senior memberikan wawasan sharing experience dan juga ada tali asih sebagai bentuk support kepada mereka agar bisa semangat lagi belajarnya," kata dia kepada Tribunjabar.id.

Ia pun berharap mahasiswa FPOK saat ini dapat menjadi mahasiswa yang canggih dan terus belajar guna menghadapi era 4.0 dan membawa harum nama FPOK UPI di kancah Internasional serta menjadi manfaat bagi masyarakat sekitar.

"Di era 4.0 ini, mereka harus belajar dan mempersiapkan diri dari sekarang. Networking penting saat ini. Untuk membangun itu, kita bersama-sama bersatu untuk bisa memperkuat jejaring sesuai bidang masing-masing. Kalau kita bersatu insyaAllah kita akan menjadi kekuatan yang dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ujarnya.

Ketua dan Pengurus IKA Komisariat FPOK UPI berfoto bersama dengan Dosen dan pengurus BEM FPOK UPI seusai kegiatan bakti sosial, Selasa (12/10/2021).
Ketua dan Pengurus IKA Komisariat FPOK UPI berfoto bersama dengan Dosen dan pengurus BEM FPOK UPI seusai kegiatan bakti sosial, Selasa (12/10/2021). (tribun jabar/fakhri fadlurrohman)

Ketua BEM FPOK, Adillo Alman, merasa bersyukur IKA FPOK UPI bisa mengajak dan melibatkan mahasiswa aktif dan BEM dalam acara bakti sosial ini yang merupakan suatu bentuk acara yang dapat memperkuat jalinan kekeluargaan antara IKA FPOK UPI dengan mahasiswa aktif sekarang.

"Alhamdulillah kami dilibatkan. Harapan kami bisa tercipta hubungan antara adik dan kakak di mana kakak-kakak kita ini bisa memberikan pengalaman untuk adik-adiknya, terkhusus hubungan emosional," kata dia. 

Wakil Dekan III FPOK UPI, Dr H. Dian Budiana yang merupakan perwakilan dari kelembagaan pun menghaturkan terima kasih kepada IKA FPOK yang telah mengadakan kegiatan bakti sosial ini. "Saya mewakili kampus mengucapkan terima kasih kepada ibu Brigjen (Ketua IKA FPOK UPI) dan para alumnus yang sudah memberikan bingkisan kadeudeuh kepada mahasiswa FPOK. Semoga ini menjadi spirit untuk mahasiswa kami agar bisa lebih maju. Kegiatan ini membuktikan bahwa IKA FPOK menjadi satu wadah bagi para alumnus untuk mempererat silaturahmi di antara kita," ucapnya.

Wakil Ketua Acara, Asep Sujana, berharap kegiatan semacam ini menjadi acara rutin dan berkelanjutan. Kegiatan ini menunjukkan sifat tolong-menolong dan gotong royong antar alumnus FPOK UPI yang dirasakan langsung oleh mahasiswa aktif sehingga memotivasi mereka untuk bisa terus menjalin komunikasi dan keeratan dengan alumni IKA FPOK.

"Alhamdulillah kesannya sangat baik ya. Intinya seperti apa yang dikemukakan ibu ketua IKA FPOK, bukan mengenai isi dan bentuk bingkisannya, tapi sifat tolong-menolong dan menjalin silaturahmi untuk networking/jejaring sosial yang lebih utama. Andai kata adik-adik kita nanti kelak sudah berhasil, ingatlah ini hanya salah satu cara jalan untuk bersilaturahmi, membiasakan berbagi kepada teman, berbagi kepada lingkungan. Itulah inti dari kegiatan ini," tuturnya.(*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved