Breaking News:

PON Papua Hadirkan 45 Atlet dan Ofisial Positif Covid-19, Ini Langkah yang Dilakukan Pemerintah

Sebanyak 45 orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Editor: Giri
freepik
Ilustrasi virus corona - Sebanyak 45 orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sebanyak 45 orang terkonfirmasi positif Covid-19 pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Orang yang terpapar virus corona itu terdiri atas atlet dan ofisial. 

Data itu datang dari pemerintah per 9 Oktober 2021.

Data ini disampaikan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto dalam rapat evaluasi pada Minggu (10/10/2021).

Adapun berdasarkan perincian kondisi terkini, sebanyak 36 atlet dan ofisial masih menjalani perawatan dan 9 orang lainnya sudah dinyatakan sembuh.

"Harus ada antisipasi agar tidak terjadi kenaikan kasus Covid-19, baik di Papua sendiri maupun di daerah asal atlet," ujar Airlangga dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenko Perekonomian, Senin (11/10/2021).

Saat ini, kata dia, pemerintah menyiapkan dan terus mengevaluasi mekanisme kepulangan atlet, pelatih dan ofisial ke daerah masing-masing.

Mekanisme kepulangan atlet dan ofisial yang telah ditetapkan pemerintah yakni mereka harus melaksanakan tes PCR sejak dari keberangkatan (sebelum penerbangan) dari Papua dan melakukan lagi tes PCR setelah tiba di Bandara di daerahnya.

Mereka juga harus menjalankan karantina mandiri selama lima hari di lokasi yang sudah disiapkan oleh pemda masing-masing.

Namun, apabila pemda tidak menyediakan, maka Satgas Covid-19 pusat akan bekerja sama dengan Satgas Covid-19 daerah serta KONI daerah, untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat tersebut.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved