Breaking News:

Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan Ikoma dan Orang Tua Mahasiswa Baru

Belum berakhirnya masa pandemi covid-19 di tanah air, membuat proses kegiatan perkuliahan dan layanan akademik terpaksa dilakukan secara daring. Hal i

Politeknik Pos Indonesia
Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan Ikoma dan Orang Tua Mahasiswa Baru 

TRIBUNJABAR.ID, HUMAS POLTEKPOS, BANDUNG - Belum berakhirnya masa pandemi covid-19 di tanah air, membuat proses kegiatan perkuliahan dan layanan akademik terpaksa dilakukan secara daring. Hal ini pun telah diantisipasi Politeknik Pos Indonesia dengan membuat beberapa metode kegiatan perkuliahan yang terintegrasi secara digitalisiasi, sebagai upaya mengakomodir kebutuhan dari para mahasiswanya.

Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo MT mengatakan, beberapa metode perkuliahan yang dilaksanakan pada semster ganjil 2021/2022 ini seluruh pembelajaran dilaksankaan secara online hingga Ujian Tengah Semster (UTS), pasca UTS Politeknik Pos Indonesia berencana menyelenggarakan blended learning terbatas. Kegiatan yang dimaksud adalah sebagian besar 75% masih online dan 25% uji coba tatap muka di labolatorium.

Direktur Poltekpos Indonesia Dr. Ir. Agus Purnomo MT
Direktur Poltekpos Indonesia Dr. Ir. Agus Purnomo MT (Politeknik Pos Indonesia)

"Pengertian terbatas yaitu pertama, hanya untuk mata kuliah praktikum tertentu yang diusungkan oleh pihak program studi. Kedua, hanya untuk mahasiswa yang berada di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung Barat, dan Kab. Bandung. Ketiga, hanya untuk mahasiswa yang diizinkan oleh orang tua mahasiswa dengan ditanda tangani surat diatas materai dan mahasiswa tersebut juga menginginkan untuk offline. Keempat, mahasiswa yang sudah vaksin lengkap 2 kali. Kelima, kapasitas labolatorium hanya diapaki 25% artinya jika dalam satu kelas ada 30 mahasiswa jadi hanya 8 mahasiswa yang offline di labolatorium dan sisanya online secara bergantian setiap minggunya". ujarnya dalam kegiatan Silaturahmi dan Pengenalan Lingkungan Kampus dengan Ikatan Orangtua Mahasiswa (IKOMA) Tahun Akademik 2021/2022 secara online, Senin (11/10/2021).

Persiapan mulai dilakukan dengan akan dibentuk Tim Satgas Terpadu Covid-19 oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI), selanjutnya dilakukan persiapan sarana dan prasarana dan pembuatan SOP, langkah berikutnya yaitu mengajukan permohonan ke Satgas Covid-19 daerah dan LLDIKTI 4. Apabila pengajuan diijinkan makan dapat dimulai sekita akhir Desember 2021, namun jika belum diijinkan maka akan diajukan kembali untuk pelaksanaan semester genap bulan Maret 2022.

Ketua YPBPI Dr. Cahyat Rohyana, SE., MM.
Ketua YPBPI Dr. Cahyat Rohyana, SE., MM. (Politeknik Pos Indonesia)

Untuk pembelajaran online, lanjut Direktur, digunakan virtual learning POLTEKPOS, kemudian zoom meeting, google meet, atau chat boot ITeung yang merupakan robot virtual dengan artificial intelligence yang dibuat oleh TIK POLTEKPOS. Disamping itu Politeknik Pos Indonesia juga memproduksi video - video pembelajaran tutorial untuk mata kuliah teori dan praktikum proses penjadwalan perkuliahan, memonitor kehadiran dosen dan mahasiwa, termasuk agar dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh mahasiswa.

"SIAP ini merupakan sebuah program layanan akademik berbasis aplikasi daring, yang digunakan para mahasiswa untuk kontrak mata kuliah di setiap semester. Selain itu aplikasi ini pun digunakan sebagai sarana komunikasi antara mahasiswa dan dosen walinya, baik untuk kegiatan perwalian, konsultasi akademik, maupun hal-hal lain diluar proses pembelajaran,"

Ketua IKOMA Deddi Juanda Asyikin
Ketua IKOMA Deddi Juanda Asyikin (Politeknik Pos Indonesia)

SIAP ini pun, lanjut Direktur, digunakan untuk proses penjadwalan perkuliahan, memonitor kehadiran dosen dan mahasiwa, termasuk untuk mengimput nilai mata kuliah, yang hanya mampu diakses oleh dosen pengampu dari mata kuliah masing-masing. Nilai yang telah diinput selanjutnya akan dapat dilihat oleh para mahasiswa melalui perangkat gawainya masing-masing.

"Aplikasi ini selain dapat digunakan oleh para dosen dan mahasiswa, tetapi juga dapat diakses oleh setiap orangtua mahasiswa, untuk misalkan mengetahui absensi putra-putrinya, mata kuliah apa saja yang sedang ditempuh, jadwal perkuliahan, termasuk capaian nilai ujian tengah/akhir semester dari para mahasiswa. Sehingga seluruh aktivitas akademik para mahasiswa betul-betul terpantau," ucapnya.

Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan Ikoma dan Orang Tua Mahasiswa Baru
Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan Ikoma dan Orang Tua Mahasiswa Baru (Politeknik Pos Indonesia)

Direktur menjelaskan, dalam hal pengelolaan pembayaran keuangan, Politeknik Pos Indonesia pun sudah dilakukan dengan berbasis virtual account dengan bekerja sama dengan Bank BNI. Selain itu, sistem layanan informasi pembiayaan tersebut, akan terintegrasi dengan aplikasi kecerdasan buatan bernama Iteung atau "IT service utility integrated". Sehingga melalui aplikasi tersebut, para Orangtua dapat mengetahui informasi keuangan para mahasiswa.

Direktur pun menambahkan, sebagai upaya penyaluran kompetensi para mahasiswa, Politeknik Pos Indonesia telah bekerja sama dengan sejumlah BUMN di tanah air dan perusahan berskala nasional yang telah menjadi mitra selama ini, baik untuk proses pemagangan kerja maupun rekrutmen lulusan, diantarnya melalui Forum Human Capital Indonesia, termasuk PT. POS Indonesia (Persero) dan PT. POS Logistik dan lainnya.

Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan Ikoma dan Orang Tua Mahasiswa Baru
Politeknik Pos Indonesia Mengadakan Silaturahmi dengan Ikoma dan Orang Tua Mahasiswa Baru (Politeknik Pos Indonesia)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved