Breaking News:

Pilkades Serentak di Purwakarta, 574 Calon Kades Tanda Tangan Deklarasi Damai

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan Mendagri telah memberikan rekomendari kepada Kabupaten Purwakarta untuk menggelar pilkades serentak

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Irvan Maulana
Acara penandatanganan deklarasi damai pilkades serentak di Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Senin (11/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Deklarasi damai Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Purwakarta digelar di Kantor Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Senin (11/10/2021).

Ada 574 calon kades di Purwakarta mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan Mendagri telah memberikan rekomendari kepada Kabupaten Purwakarta untuk menggelar pilkades serentak untuk 170 desa di 17 kecamatan.

Anne menyebut pelaksanaan Pilkades merujuk pada Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 141/4598/BPD tertanggal 8 Oktober 2021 Perihal Rekomendasi Tindak Lanjut Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak.

Kabupaten Purwakarta mendapatkan rekomendasi untuk melaksanakan pilkades sesuai dengan Keputusan Bupati Purwakarta Nomor 140/Kep.429-DPMD/2021 Tentang Penetapan Desa dan Waktu Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Purwakarta yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Baca juga: Duit Buat Pilkades Serentak di KBB Rp 5,1 M, Tapi Pelaksanaannya Belum Jelas

"Pilkades serentak di Purwakarta, sesuai jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan dilaksanakan pada 16 Oktober 2021. Pilkades digelar dengan berbagai catatan berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan teknis-teknis pelaksanaan yang mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Anne ketika diwawancara usai deklarasi.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta akan berlangsung di 17 kecamatan. Ada 170 desa dengan jumlah 574 calon kades akan dilaksanakan pemungutan suara di 1.172 TPS.

"Biasanyakan satu desa itu hanya satu TPS, tapi karena tahun ini masih pandemi, masing-masing TPS harus menyiapkan prokes," kata dia.

Bupati Purwakarta berharap, agar seluruh penyelegara Pilkades termasuk calon kepala desa membantu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan.

"Kami berharap beberapa tahapan penting yang segera kita laksanakan dalam gelaran Pilkades di 170 desa ini akan berjalan dengan aman, tertib tanpa hambata,n dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas bagi desanya," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved