Breaking News:

BPNB Jabar Ajak Warga Nikmati Sajian Warisan Indonesia

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jabar meluncurkan tayangan warisan Indonesia dengan menampilkan sejumlah budaya dan seni di Jabar.

BPNB Jabar Gali Nilai Seni Budaya Tutunggulan Hingga Ritus Seka Banda Gunung Padang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jabar meluncurkan tayangan warisan Indonesia dengan menampilkan sejumlah budaya dan seni dari beberapa daerah di Jabar. Seperti Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, Purwakarta, Cianjur, dan Sukabumi.

Kepala BPNB Jabar, Jumhari, mengatakan, ide untuk membuat karya seni dari berbagai kebudayaan dan dikemas melalui sebuah digital muncul tak sengaja. Namun dampaknya luar biasa.

Di Masa pandemi ini, katanya, mereka diajak berpikir dan bekerja melampaui batas kemampuan dengan cara yang berbeda, salah satunya media digital.

"Insya Allah kami mulai menunjukkan di media sosial seperti Youtube hasil karya ini pada 17 Oktober 2021. Masa pandemi ini banyak orang yang menginginkan hiburan. Semoga hasil karya ini bisa menjadi obat dengan melihat banyak keindahan budaya dari berbagai daerah di Jabar," ujarnya, Senin (11/10/2021) di Metro Indah Mal.

Baca juga: BPNB Jabar Gali Nilai Seni Budaya Tutunggulan Hingga Ritus Seka Banda Gunung Padang

Adapun tujuan akhir dari kegiatan ini, Jumhari menyebut, pihaknya hanya sebatas upaya pelestarian kebudayaan. Jika pihak lain atau dinas lain berkeinginan untuk mengkomersilkannya, dia pun mempersilakan.

"Kami hanya tawarkan inilah kemasan tayangan kebudayaan kekinian yang lebih menyasar pada generasi milenial. Warisan Indonesia ini baru tahap awal. Kami akan terus eksplorasi hal-hal yang selama ini menjadi fokus perhatian," katanya.

Dia menyebyt bahwa pada Oktober-November, akan ada edis spesial yang mengambil gambar di Candi Batujaya, Karawang.

"Intinya, tugas kami memberikan ruang fasilitasi aktivitas kebudayaan yang bermuara pada terciptanya ekosistem budaya," ucapnya. 

Sementara itu, duta budaya dalam warisan Indonesia ini, Adhin Abdul Hakim, menyebut kemasan kebudayaan yang ditampilkan oleh BPNB secara tayangan sangatlah pas. Biasanya tayangan-tayangan kesenian atau kebudayaan hanya terpaku pada satu kamera yang statis. 

"Kalau Warisan Indonesia yang dipelopori oleh BPNB ini ada semi-semi vlog dan kami diajak langsung untuk terjun belajar seni budaya yang ada di Jabar. Jadi, menurut saya ini menarik dan berbeda banget dari biasanya. Yang jelas kami menjanjikan warisan Indonesia, kalian bisa dapatkan beauty shoot yang banyak memanjakan mata," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved