Breaking News:

Pilpres 2024

Ridwan Kamil Sedang Berburu Partai Politik, Tahun Depan Umumkan Parpol yang Akan Dipilihnya

Hal ini tercermin dari hasil survei Ridwan Kamil yang terus menanjak beriringan dengan Ganjar Pranowo yang identik dengan PDIP dan Prabowo Subianto

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Ravianto
Tribun Jabar/ Cipta Permana
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan sambutan dalam kegiatan Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-211 Kota Bandung di Gedung DPRD Kota Bandung, Sabtu (25/9/2021). Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan akan mengumumkan keputusan terkait partai politik pada pertengahan 2022 nanti. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai kepala daerah dalam survei Pilpres 2024 selama setahun terakhir mampu menyisihkan nama-nama tokoh partai.

Hal ini tercermin dari hasil survei Ridwan Kamil yang terus menanjak beriringan dengan Ganjar Pranowo yang identik dengan PDIP dan Prabowo Subianto dengan Gerindra.

Berdasarkan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas Ganjar mencapai 17,5 persen, terpaut tipis dari Prabowo sebesar 17,1 persen.

Posisi berikutnya ditempati oleh Ridwan Kamil dengan elektabilitas 13,8 persen.

“Ganjar, Prabowo, dan RK menguasai posisi tiga besar calon presiden, sedangkan Puan dan Airlangga merayap di papan bawah,” ungkap peneliti indEX Research Hendri Kurniawan dalam siaran pers yang dikutip Sabtu (9/10/2021).

Dia menilai dalam satu setengah tahun, elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil cenderung bergerak naik, sebaliknya dengan Prabowo yang trennya menurun.

Survei Index Research dilakukan pada 21-30 September 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia, melalui telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error sekitar 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan akan mengumumkan keputusan terkait partai politik pada pertengahan 2022 nanti.

"Saya masih istikhoroh terus terang, kalau lanjut gubernur juga periode kedua, mungkin posisinya sudah berpartai juga, partai mana, mungkin di 2022 mungkin akan saya sampaikan, istikhoroh mana yang pas dulu," ucap Kang Emil di Gedung Pakuan, Jumat (8/10/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved