Breaking News:

IPKJI Jabar Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2021

Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Seluruh Dunia ( HKJS) adapaun tema tahun ini adalah " Kesehatan Jiwa di Dunia yang T

IPKJI Jabar Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2021 

TRIBUNJABAR.ID, Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Seluruh Dunia ( HKJS) adapaun tema tahun ini adalah " Kesehatan Jiwa di Dunia yang Tidak Setara". Momentum ini digunakan oleh Panitia HKJS di lingkungan Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia ( IPKJI) Jawa Barat untuk memberikan sosialisasi dan edukasi pentingnya kesehatan jiwa.

Dalam hal ini IPKJI Jabar menyelenggarakan Lomba Desain Poster Nasional HKJS 2021 bertemakan Stop Stigma pada Orang Dengan Gangguan Jiwa ( ODGJ) dan Ayo Peduli Kesehatan Jiwa Kita. Lomba digelar secara virtual dengan pendaftaran dan pengumpulan karya mulai 28 September sampai 6 Oktober 2021.

IPKJI Jawa Barat sendiri hari ini menyelenggarakan Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ( HKJS) 2021 secara virtual dengan beragam acara yang dikemas secara menarik seperti : penampilan tarian Arimbi Tundung oleh Clarissa Zaimatun Rabbani, Jaipong Karawang oleh Wening Galih STIKEP PPNI Jawa Barat, singer Fithay, live performance Bono Akustik dari Nurse Media Corporation, Nonton Bareng Film yang memilik kandungan makna kesehatan jiwa juga talkshow yang membahas tentang trend dan issue kesehatan jiwa secara global oleh Prof. Suryani, S.Kp., MHSc., Ph.D ( Ketua IPKJI Jawa Barat / Guru Besar Keperawatan Fakultas Keperawatan Unpad), Penyebab, Tanda Gejala, Klasifikasi dan Penatalaksanaan Skizofrenia oleh Winda Ratna Wulan, M.Kep.,Ns., Sp.KepJ ( Perawat Spesialis Jiwa RSJ Provinsi Jawa Barat). Narasumber berikutnya Aat Sriati, S.Kp., M.Si ( Dosen Keperawatan Jiwa Unpad) membahas dukungan keluarga dan lingkungan terhadap kesehatan jiwa.

Acara dibuka oleh Ketua DPW PPNI PPNI Jawa Barat, Wawan Hernawan, S.Kp., M.Kep yang dalam sambutannya menyampaikan dukungan terhadap perawat jiwa dalam memberikan layanan di masyarakat. Berikan asuhan keperawatan terbaik apalagi pada orang yang memiliki masalah mental. Perawat jiwa harus menjadi role model dalam mengkampanyekan stop stigma pada ODGJ, ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil memberikan Ucapan Selamat Memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 melalui video yang ditayangkan secara virtual. Dengan harapan semoga masyarakat Jawa Barat tidak hanya peduli pada kesehatan fisik saja tetapi juga harus peduli kesehatan jiwa.

Acara puncak adalah pengumuman pemenang Lomba Desain Poster Nasional HKJS 2021 IPKJI Jawa Barat dengan pemenang sebagai berikut :
Juara 1 : Desi Natalia  Sihombing STIKES Immanuel Bandung. Juara 2 : Ahmad Khodi Mayliyan dan Atika Noviyanti Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Juara 3 : Sarah Nurhafifah Universitas Padjadjaran. Juara Harapan I : Ni Made Ayu Prabadita Pramesti : Universitas Udayana .Juara Harapan 2 : Septiani Arista Wahyuni - Universitas Sumatera Utara Kategori Poster Terfavorit mendapatkan 532 like dan 184 komentar di akun instagram @ipkjijabar yaitu Desi Natalia  Sihombing STIKES Immanuel Bandung.

Menurut ketua panitia HKJS IPKJI Jabar 2021, Masdum acara hari ini diikuti oleh ratusan mahasiswa, perawat, dosen, masyarakat dari beragam profesi. Semoga acara ini dapat membuka wawasan akan pentingnya peduli terhadap kesehatan jiwa. Melalui kegiatan ini juga sebagai bentuk kampanye setop stigma pada ODGJ. Karena melakukan ini adalah tanggung jawab kita bersama bukan hanya pemerintah, tenaga kesehatan, dan dinas terkait.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved