Breaking News:

Brigjen Junior Tumilaar Dicopot dari Jabatannya setelah Surati Kapolri, Langgar Hukum Pidana Militer

Komandan Pusat Polisi Militer AD, Letjen TNI Chandra Sukotjo, mengatakan Brigjen TNI Junior Tumilaar dinyatakan melakukan perbuatan melawan hukum (PMH

Editor: Ravianto
Brgadir Jenderal TNI (Irdam XIII/Merdeka) Junior Tumilaar(republika.co.id)
Brigjen Junior Tumilaar 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka, Brigjen TNI Junior Tumilaar, dicopot dari jabatannya setelah menyurati Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Komandan Pusat Polisi Militer AD, Letjen TNI Chandra Sukotjo, mengatakan Brigjen TNI Junior Tumilaar dinyatakan melakukan perbuatan melawan hukum (PMH).

"Menindaklanjuti hasil klarifikasi terhadap Brigjen TNI JT di Markas Puspom AD, Jakarta, pada tanggal 22, 23 dan 24 September 2021 serta hasil pemeriksaan para Saksi yang terkait dengan pernyataan Brigjen TNI JT, maka telah didapatkan adanya fakta-fakta dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Brigjen TNI JT," ujarnya dalam keterangan yang dikutip Tribunnews.com, Sabtu (9/10/2021).

Adapun perbuatan melawan hukum yang dimaksud adalah pelanggaran hukum disiplin militer dan pelanggaran hukum pidana militer sesuai Pasal 126 KUHPM dan Pasal 103 ayat (1) KUHPM.

Berikut fakta-fakta terkait pencopotan Brigjen TNI Junior Tumilaar sebagaimana dirangkum Tribunnews.com:

Posisi Baru Brigjen TNI Junior Tumilaar

Atas sanksi yang diberikan kepada Brigjen TNI Junior Tumilaar, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa telah mengeluarkan surat perintah pembebasan tugas sementara terhadap Brigjen TNI Junior.

Selanjutnya, Brigjen TNI Junior Tumilaar kini dimutasi ke staf khusus Kasad.

"Kepala Staf Angkatan Darat pada 8 Oktober 2021 telah mengeluarkan surat perintah pembebasan dari tugas dan tanggung jawab jabatan Brigjen TNI JT sebagai Inspektur Kodam XIII Merdeka untuk kemudian ditempatkan sebagai Staf Khusus Kasad," ungkap Sukotjo.

Brigjen TNI Junior Tumilaar Beri Pesan Menyentuh

Setelah dicopot dari jabatannya, Brigjen TNI Junior Tumilaar menangis saat memberi pesan menyentuh pada Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Dalam Youtube Najwa Shihab yang diunggah 8 Oktober 2021, Jenderal TNI ini terlihat menangis.

Brigjen TNI Junior Tumilaar menangis dan memberi pesan pada para Babinsa.

Berikut pernyataannya yang dikutip dari TribunManado.co.id:

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved