Breaking News:

Pasangan Nikah Siri Kini Bisa Buat KK, Kota Bandung dan Sumedang Sudah Terapkan Lebih Dulu

Di dalam kartu keluarga terdapat kolom dengan pilihan: kawin tercatat atau kawin tidak tercatat.

Pixabay
ilustrasi pernikahan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - KEPALA Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, Tatang Muhtar, mengatakan kebijakan memperbolehkan pasangan yang sudah menikah siri untuk membuat kartu keluarga sebenarnya sudah berlaku lama di Kota Bandung.

Ia mengatakan, di dalam kartu keluarga terdapat kolom dengan pilihan: kawin tercatat atau kawin tidak tercatat.

"Nah, yang nikah siri ini, surat nikah dari KUA belum atau tak ada, maka dicantumkannya kawin tak tercatat," ujarnya kepada Tribun saat dihubungi melaalui telepon, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Headline Tribun Jabar, Pasangan Nikah Siri Bisa Punya Kartu Keluarga, Komnas Perempuan Kritik

Meski demikian, kata Tatang, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenui pasangan yang menikah siri jika hendak membuat kartu keluarga.

Pemohon harus menyertakan surat keterangan nikah dengan saksi-saksinya dan membuat surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM).

"Formatnya ada di Disdukcapil. Intinya mah kebijakan ini sudah lama diberlakukan di seluruh Indonesia, hanya saat ini agar tertib pencatatan administrasi kependudukannya," kata Tatang.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, Ferry Fardians. Ia mengatakan, aturan penerbitan KK pernikahan siri bukan hal yang baru.

"Ini sudah berjalan lama, yang pasti sesuai ketentuan dan arahan Pak Dirjen Dukcapil Kemendagri, Disdukcapil Sumedang sudah melaksanakan kebijakan tersebut," kata Ferry saat dihubungi melalui aplikasi pesan, kemarin.

Ferry mengatakan, persyaratan dan prosedur permohonan KK nikah siri hampir sama dengan pengajuan KK pasangan suami istri yang tercatat di Kantor Urusan Agama.

Baca juga: Pasangan yang Nikah Siri di Garut Bisa Mendapatkan KK, Diarahkan Nikah Isbat, Ini Syaratnya

Bedanya, untuk yang pernikahan siri, juga harus dilampirkan SPTJM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved