Breaking News:

Youtuber Indramayu Klaim Ciptakan Lagu Iis Dahlia 'Payung Hitam', Pencipta Lagu Dirugikan

Lagu yang dinyanyikan artis Iis Dahlia berjudul "Payung Hitam" diduga diklaim hak ciptanya oleh seorang youtuber asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) saat datang ke Indramayu untuk melakukan mediasi soal klaim hak cipta lagu "Payung Hitam" yang dinyanyikan artis Iis Dahlia di Kantor Rupbasan Indramayu, Jumat (8/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Lagu yang dinyanyikan artis Iis Dahlia berjudul "Payung Hitam" diduga diklaim hak ciptanya oleh seorang youtuber asal Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Youtuber itu mengunggah lagu penyanyi dangdut nasional tersebut ke kanal Youtube pribadi tanpa mencantumkan penyanyi maupun pencipta lagu.

Petugas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pun pada hari ini datang langsung ke Kabupaten Indramayu untuk melakukan mediasi.

Analis Pertimbangan Hukum DJKI, Suharto Jaya, mengatakan, ia datang ke Indramayu karena youtuber yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan dari DJKI sebelumnya.

"Jadi ada permintaan untuk dimediasikan dan salah satu pihaknya berdomisili di Indramayu. Jadi kami sudah berupaya untuk mediasi dan mereka minta dilakukannya di sini di Indramayu," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di Kantor Rupbasan Indramayu, Jumat (8/10/2021).

Suharto Jaya menyampaikan, pihak pencipta lagu merasa dirugikan dengan pengklaiman hak cipta tersebut.

Mulai dari sisi royalti yang didapat hingga moral karena tidak mencantumkan keterangan hak cipta karya.

Pihak DJKI pun sudah mencoba menghubungi youtuber yang bersangkutan, tapi sampai dengan saat ini belum dapat ditemui.

Akan tetapi, lagu "Payung Hitam" yang dinyanyikan oleh artis nasional asal Indramayu, Iis Dahlia, tersebut, kata Suharto Jaya, sudah di-take down atau dihapus langsung oleh youtuber yang bersangkutan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved