Breaking News:

Survei Nasional SMRC: Ganjar Pranowo Paling Disukai, Beda 3 Persen dengan Ridwan Kamil

Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan bahwa tingkat kesukaan publik terhadap Ganjar Pranowo masih yang tertinggi

Suntikan Motivasi Gubernur Ganjar Bikin Atlet Berjuang Luar Biasa, Medali Jateng Bertambah 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ditempatkan di posisi teratas sebagai tokoh yang paling disukai oleh publik.

Hal itu terungkap dalam survei Partai dan Tokoh Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024 yang disiarkan secara virtual, Kamis (7/10/2021).

Survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) itu menunjukkan bahwa tingkat kesukaan publik terhadap Ganjar Pranowo masih yang tertinggi.

Melalui survei yang dilakukan pada 15-21 September 2021 ini, SMRC melontarkan pertanyaan kepada responden apakah Ibu/Bapak mengenal namanya, tahu pernah melihat, mendengar, membaca? jika tahu, Apakah ibu/bapak suka atau tidak dengannya? Hasilnya, dari 13 nama yang diajukan sebanyak 85 persen menyukai Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Baca juga: Menakar Potensi Ganjar Pranowo di Bursa Capres 2024, Elektabilitas Tinggi tapi Terganjal PDIP

Pengambilan survei dilakukan pada 15-21 September 2021 kepada 1220 responden (dengan responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 981 atau 80 persen. Sebanyak 981 responden yang dianalisa. Margin of error survei kurang lebih 3,19 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Populasi pada survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang memili hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1220 responden, dengan responden yang dapat diwawancarai secara valid sebesar 981 atau 80 persen.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check) dan dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

"Kualitas tokoh di antara 13 nama, Ganjar paling disukai, disukai oleh 85 persen dari yang tahu," kata Deni Direktur Riset SMRC Deni Irvani

Deni menyebut ada nama Menparekraf Sandiaga Uno dengan 84 persen, Gubernur Jatim Khofifah 82 persen, Gubernur Jabar Ridwan Kamil 82 persen, dan Mensos Tri Rismahsrini 82 persen.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved