Breaking News:

Prodi Akuntansi FEB Unjani Beri Pelatihan SAK ETAP Kepada Pengurus Koperasi Cimahi

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Ahmad Yani menggelar pelatihanan dan Pendampingan Penerapan Akuntansi Koperas

TRIBUNJABAR.ID/KEMAL SETIA PERMANA
Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Ahmad Yani, Budi Hendaris, memberikan pemaparan dalam pelatihanan dan Pendampingan Penerapan Akuntansi Koperasi Serta Aplikasi Berbasis SAK ETAP (Standrad Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) di Cimahi Technopark, Kamis (7/10/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Koperasi adalah soko guru ekonomi bangsa. Keberadaan koperasi dianggap sangat penting untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat agar bisa tetap tumbuh dan berkembang.

Mengingat pentingnya keberadaan koperasi ini, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Ahmad Yani menggelar Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Akuntansi Koperasi Serta Aplikasi Berbasis SAK ETAP (Standrad Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik). 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi FEB Unjani tahun 2021 ini. 

Menurut Dosen Prodi Akuntansi FEB Unjani, Budi Hendaris, pada kegiatan yang merupakan darma ketiga perguruan tinggi ini,  para peserta yang dilibatkan merupakan pengurus koperasi aktif di Kota Cimahi dengan jumlah 21 peserta. 

"Target kami, setelah peserta mengikuti pelatihan ini, mereka bisa melakukan teknik penyusunan laporan keuangan yang berbasis SAK ETAP," kata Budi di sela pelatihan di Cimahi Technopark, Kamis (7/10/2021).

Budi menyebutkan bahwa saat ini setiap koperasi harus berpedoman pada SAK ETAP untuk melaporkan catatan keuangan.

Hal ini membuat Prodi Akuntansi FEB Unjani memiliki kewajiban memberikan pelatihan tata cara penggunaan aplikasi SAK ETAP kepada para pengurus koperasi

"Diharapkan para pengurus koperasi mampu menyusun laporan keuangan sesuai yang ada di SAK ETAP," ujarnya. 

Budi menyebutkan bahwa program Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi FEB Unjani kepada para pengurus koperasi di Cimahi ini bekerjasama dengan Dinas Perdagangan,  Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi. Dari hasil kajian, evaluasi dan laporan dinas, Prodi Akuntansi FEB Unjani melihat bahwa banyak koperasi di Cimahi yang membutuhkan pembinaan penyusunan laporan keuangan. 

"Apalagi dengan kondisi sekarang, koperasi harus tunduk dengan pedoman standard yang ditetapkan SAK ETAP ini, untuk itulah kami tergerak memberikan pembinaan kepada para pengurus koperasi ini," katanya. 

Budi mengatakan bahwa sejauh ini belum seluruh pengurus koperasi paham terhadap standard penyusunan laporan keuangan dengan pedoman SAK ETAP.

Karena itu, melalui program pelatihan yang diberikan melalui program Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi FEB Unjani ini diharapkan para pengurus koperasi akan lebih paham dan terstruktur dalam menyusun laporan keuangan masing-masing koperasi. (adv)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved