Breaking News:

Kabupaten Bandung Belum Terapkan Pencetakkan KK Untuk yang Nikah Siri, Kadinas Tak Mau Gegabah

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung, Salimin, mengaku pihaknya belum bisa menerapkan pencetakan KK bagi yang nikah siri.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ILUSTRASI Kartu Nikah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan kebijakan bagi yang nikah siri bisa mendapatkan kartu keluarga (KK) sehingga tercatat.

Namun di Kabupaten Bandung, pencetakan kartu keluarga bagi yang nikah siri belum diterapkan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung, Salimin, mengaku pihaknya belum bisa menerapkan pencetakan KK bagi yang nikah siri.

"Saya belum bisa menerapkan sebelum konsultasi dengan pa Dirjen, saya tak mau gegabah tentang masalah itu," ujar Salimin, saat sihubungi Tribunjabar.id, melalui sambungan teleponnya, Junat (8/10/2021).

Menurut Salimi, daerah lain juga belum ada yang menerapkan karena itu baru kemarin, belum ada aturannya. 

"Kalau dirjen sudah mengarahkan seperti itu, tapi kan harus dibahas lebih lanjut oleh kami, begitu juga di jabar. Masih ditunda dulu, kita konsultasi dulu, harus matang," kata Salimin.

Salimin mengungkapkan, sebetulnaya dari sisi administrasi kependudukannya mereka yang nikah siri harus mereka punya karena haknya.

"Kami hanya mencatat apa yang diusulkan atau dilaporkan, kalau nanti sudah diizinkan. Sekarang mah sabar dulu aja yah," kata Salimin

Salimin mengatakan, terkait KK untuk yang nikah siri dibahas dulu dan pihaknya akan merapatkan dulu dengan daerah lain se-Provinsi.

"Tunggu saja kabar lebih lanjut," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved