Breaking News:

Eceng Gondok di Bendungan Jatiluhur Ganggu Laju Transportasi Air Warga Pelosok Purwakarta

Eceng gondok yang memadati di perairan  Bendungan Jatiluhur sempat isolasi warga Parungbanteng, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta

Penulis: Irvan Maulana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Irvan Maulana
Warga Parungbanteng terisolasi eceng gondok di dermaga Serpis Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Jumat (8/10/2021). 

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

TIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Eceng gondok yang tumbuh memadati sejumlah titik di perairan  Bendungan Jatiluhur sempat mengisolasi warga Parungbanteng, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta yang hendak menyebrang ke Dermaga Serpis.

Desa Ciririp di Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu desa di pelosok Purwakarta. Jarak menuju Purwakarta kota sekira kurang dari dua jam. Namun jika menggunakan perahu bisa kurang dari satu jam.

Tumbuhan merambat dengan nama latin eichhornia crassipes tersebut seringkali menutupi tepian danau karena tumbuhan tersebut merambat dengan sangat cepat.

\Warga Parungbanteng, Ahmad (47), mengatakan, ia hendak menyebrang ke dermaga serpis untuk berbelanja sembako kebutuhan warungnya.

"Kita pake perahu memang sulit kalau ada eceng gondok, karena lajunya terhambat," kata Ahmad ketika diwawancara di Dermaga Serpis, Kabupaten Purwakarta, Jumat (8/10/2021).

Selain menutupi rute penyebrangan, eceng gondok tersebut kerap kali menutupi tambak ikan di sekitar Bendungan Jatiluhur.

"Sudah hampir seminggu ini permukaan air ditumbuhi eceng gondok, perkiraan saya dalam seminggu bisa meluas sekitar 2 kilometer persegi," kata dia.

Baca juga: Keberadaan Eceng Gondok Masih Menjadi Teror Menakutkan Bagi Petani Ikan di Cianjur

Sopir perahu seringkali terkendala oleh tumbuhan merambat tersebut.  Eceng gondok ternyata tak hanya menutupi permukaan air, menyingkirkan eceng gondok sering kali memakan waktu lama karena akarnya didalam permukaan air tumbuh panjang dan berat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved