Breaking News:

Skrining Kesehatan Mobile JKN, Periksa Kondisi Kesehatan Secara Mandiri

BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi bagi peserta untuk mengetahui risiko penyakit yang bisa didapat oleh perserta melalui fitur skrining riwaya

Skrining Kesehatan Mobile JKN, Periksa Kondisi Kesehatan Secara Mandiri 

TRIBUNJABAR.ID, Soreang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasi bagi peserta untuk mengetahui risiko penyakit yang bisa didapat oleh perserta melalui fitur skrining riwayat kesehatan dalam aplikasi Mobile JKN. Melalui layanan tersebut, peserta JKN-KIS sudah tidak perlu mengunjungi fasilitas kesehatan, namun cukup memanfaatkan gawainya untuk mengecek kondisi kesehatan dirinya.

Petugas Bidang Penjamin Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Soreang Nova Muliawati skrining riwayat kesehatan yang terdapat di aplikasi Mobile JKN merupakan pemeriksaan kesehatan secara daring yang bisa dimanfaatkan oleh setiap peserta yang sudah mengunduh aplikasi tersebut untuk mengetahui risiko dan kondisi kesehatan peserta tersebut.

“Jadi skrining riwayat kesehatan sudah tersedia fitur di aplikasi Mobile JKN, seluruh peserta JKN-KIS bisa memanfaatkannya untuk mengecek kondisi kesehatannya besera risikonya,” jelas Nova dalam pertemuan dengan fasilitas kesehatan wilayah Kabupaten Bandung, Selasa (28/9).

Nova melanjutkan, pada fitur skrining riwayat kesehatan ini setiap peserta nantinya akan mengisi beberapa pertanyaan seputar gejala yang sedang dirasakan yang nantinya akan didapati hasil berupa tingkatan risiko dari penyakit diabetes, hipertensi, kondisi jantung, hingga kondisi ginjal. Selain itu dari hasil skrining riwayat kesehatan ini juga, akan ditampilkan rekomendasi pola hidup sehat yang bisa dilakukan oleh peserta JKN-KIS tersebut.

“Nanti akan ada pertanyaan seputar gejala yang sedang dialaminya dan diakhir akan ada hasil risiko penyakit beserta rekomendasi yang bisa dilakukan oleh peserta tersebut,” lanjutnya.

Nova berharap kepada seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Bandung dapat menyebarluaskan informasi terkait skrining kesehatan ini kepada seluruh peserta JKN-KIS yang berkunjung ke fasilitas kesehatan, agar peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan kemudahan yang diberikan dalam mengecek kondisi kesehatan secara mandiri. 

Sementara itu, salah satu peserta JKN-KIS yang jadir dalam kegiatan tersebut, Lilis Rohanah (32) mengatakan dirinya memanfaatkan fitur skrining ini untuk mengetahui risiko penyakit yang ada pada dalam dirinya. Setelah mendapatkan hasil dari skrining tersebut, Lilis memanfaatkannya sebagai upaya pencegahan dirinya untuk menghindari penyakit yang akan dideritanya pada nantinya.

“Dari hasil pertanyaan-pertanyaan skrining tadi, ternyata bisa jadi bahan pengingat untuk saya agar berjaga-jaga untuk menghindari beberapa penyakit seperti diabetes,” kata Lilis.

Ia juga menambahkan, dilihat dari sisi manfaatnya fitur skrining ini sangat bagus jika seluruh masyarakat sudah melakukannya agar mengetahui tindakan yang perlu dilakukan apabila di dalam diri terdapat penyakit yang berisiko tinggi. Ia juga mengakui mulai dari keluarga dan beberapa kerabatnya telah memanfaatkan fitur skrining pada aplikasi Mobile JKN ini.

Selain melalui Mobile JKN, Skrining Riwayat Kesehatan juga bisa dilakukan melalui Website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id dengan memilih Skrining Riwayat Kesehatan dalam blue-slide-bar. Peserta JKN–KIS juga bisa mengakses program ini melalui Whatsap Chat Asistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400, Facebook Messenger BPJS Kesehatan dan Telegram yaitu @BPJSKes_bot. (BS/HS)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved