Breaking News:

Ruang BU BPJS Kesehatan Soreang Undang Badan Usaha Bahas Bantuan Alat Kesehatan

BPJS Kesehatan terus berkomitmen memberikan manfaat medis maupun non medis kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (

Ruang BU BPJS Kesehatan Soreang Undang Badan Usaha Bahas Bantuan Alat Kesehatan 

TRIBUNJABAR.ID, Soreang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus berkomitmen memberikan manfaat medis maupun non medis kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Roykardo Bellany dalam kegiatan sosialisasi kepada PIC Badan Usaha, Kamis (30/09).

"Berdasarkan Perpres 82 tahun 2018 pasal 46 s.d. pasal 50, manfaat Program JKN-KIS dibagi atas 2 yaitu manfaat medis dan manfaat non-medis. Manfaat medis berupa Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), dan Ambulan. Selanjutnya manfaat Non-medis berupa kamar rawat dan bantuan alat kesehatan," terang Roy.

Roy menjelaskan pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 52 Tahun 2016 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, terdapat Tarif Non INA-CBG yang merupakan tarif untuk beberapa pelayanan tertentu. Roy menambahkan untuk semua alat bantu medis dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan apabila sesuai dengan indikasi medis dan mengikuti prosedur yang berlaku.

"Contohnya untuk kacamata paling cepat 2 tahun sekali sesuai dengan indikasi medis dan syarat minimal penggantian dengan kondisi sferis 0,5D dan silindris 0,25D. Jadi, peserta datang ke FKTP secara indikasi medis dirujuk ke polimata rumah sakit jejaring BPJS Kesehatan, mendapatkan resep dan selanjutnya ke optik yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," jelas Roy.

Salah satu peserta yang mengikuti Ruang BU kali ini, Budi Gunawan mengatakan banyak informasi yang baru ia ketahui pada Ruang BU kali ini terutama mengenai prosedur pemeriksaan dan penggantian kacamata pada optik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Kebetulan saya mau mengganti kacamata, jadi tadi saya menyimak dengan seksama bagaimana prosedur pemeriksaan yang harus ke FKTP terlebih dahulu untuk diperiksa dan juga informasi mengenai nilai penggantian kacamata pada optik. Jadi sekarang saya sudah mengetahui secara jelas bagaimana prosedur yang benar untuk pengantian kacamata. Terima kasih BPJS Kesehatan Cabang Soreang telah menfasilitasi untuk sosialisasi di Ruang BU kali ini" ungkap Budi. (BS/hs)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved