Breaking News:

PLN UP3 Cimahi Ingatkan Pelanggan Amankan Sistem Kelistrikan Saat Musim Hujan, Begini Tipsnya

Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Cimahi mengingatkan pelanggannya untuk mengamankan sistem kelistrikan di rumah karena curah hujan sudah mulai cuku

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: bisnistribunjabar
PLN
PLN UP3 Cimahi Ingatkan Pelanggan Amankan Sistem Kelistrikan Saat Musim Hujan 

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Cimahi mengingatkan pelanggannya untuk mengamankan sistem kelistrikan di rumah karena curah hujan sudah mulai cukup tinggi di sekitar Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah mulai cukup tinggi.

Pejabat K3L PLN UP3 Cimahi, Putri Nurzaida mengatakan, saat musim hujan tiba ada hal yang perlu diperhatikan pelanggan yaitu mengamankan sistem kelistrikan di rumah supaya tidak sampai terjadi korsleting, terutama saat terjadi banjir.

"Berikut beberapa tips selama musim hujan. Pertama, hindari berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, panel PJU dan lainnya," ujar Putri Nurzaida kepada Tribun Jabar, Kamis (30/9/2021).

Kemudian bila akan melewati genangan banjir, kata Putri, harus menggunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari risiko bahaya seperti bakteri, pecahan kaca, paku dan tegangan listrik bocor.

Lalu ketika dalam kondisi basah, harus mengunakan sarung tangan karet bila ingin menyentuh instalasi kelistrikan dan jika menjumpai instalasi kelistrikan yang berpotensi bahaya, beri tanda bahaya dan segera laporkan ke PLN.

"Listrik akan dipadamkan oleh PLN apabila rumah pelanggan atau gardu distribusi terendam air," katanya.

Selain itu, kata Putri ada lima kiat mengantisipasi bahaya listrik saat banjir, pertama matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, dan baikan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi.

Sedangkan bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi contact center PLN 123, hubungi instalasi terkait penanggulangan bahaya banjir, dan stelah banjir surut, pastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering.

"Pernormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi dipastikan kering dan ada penandatangan berita acara yang disaksikan ketua RT/RW tokoh masyarakat setempat," ucap Putri. (Adv/Hilman Kamaludin).

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved