Breaking News:

Kabar Gembira! Cas Mobil Listrik Malam Hari Diskon 30%

DALAM rangka mendukung ekosistem kendaraan listrik, PLN memberikan diskon tariff 30 persen bagi para pemilik kendaraan listrik

Dok. PLN
Sambut Hari Pelanggan Nasional, PLN Perpanjang Program Super Merdeka Listrik 

TRIBUNJABAR.ID,- DALAM rangka mendukung ekosistem kendaraan listrik, PLN memberikan diskon tariff 30 persen bagi para pemilik kendaraan listrik.
Pengguna mobil listrik dapat memanfaatkan insentif tersebut saat melakukan pengisian daya (cas) kendaraan listrik di rumah pada pukul 22.00 hingga 05.00 WIB (7 jam) dengan layanan Home Charging PLN yang sudah terpasang sebelumnya.

"Selain menghadirkan SPKLU, PLN juga memberikan layanan Home Charging dan Aplikasi Charge. In yang yang bisa dikoneksikan langsung ke PLN Mobile. Melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat memonitor langsung penggunaan dan tarif yang sedang berjalan sekaligus membayar tagihan listrik atau beli token serta mengetahui lokasi SPKLU," ujar Iwan Ridwan, Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Uni Induk Distribusi Jawa Barat

Iwan menjelaskan bahwa berdasarkan pengalaman dari banyak negara, pemilik mobil listrik melakukan pengisian daya paling banyak di rumah saat malam hari. Hal ini bertujuan agar mobil listrik siap digunakan beraktivitas lagi keesokan harinya.

Selain diskon pengecasan malam hari, PLN juga memberikan insentif tambah daya buat pemilik kendaraan listrik. Tambah daya hingga 11.000 VA dikenakan biaya Rp150 ribu dan hingga 16.500 VA cukup bayar Rp450 ribu.

"Kami percaya berbagai kemudahan seperti insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah alias diskon PPnBM untuk mobil listrik, layanan Home Charging PLN, dan berbagai insentif dari PLN akan mendorong ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Orang akan semakin banyak beralih ke kendaraan listrik sebagai solusi atas penggunaan BBM yang bersifat non-renewable, menimbulkan pencemaran lingkungan dan sebagainya," pungkasnya

Keuntungan menggunakan mobil listrik
Berdasarkan hasil studi dan riset yang didorong oleh Kementerian Perindustrian dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi serta industri otomotif, mobil listrik dinilai mampu menghemat energi hingga 80 persen dibandingkan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Lebih lanjut, berikut berbagai alasan kenapa kita harus beralih memakai mobil listrik:

  • Lebih hemat.
    Biaya operasional mobil listrik 5 kali lebih murah dibanding mobil berbahan bakar minyak. Dengan biaya energi yang sama, mobil listrik dapat menempuh jarak 50 km, sedangkan mobil BBM hanya cukup untuk jarak tempuh 10 km
  • Lebih ramah lingkungan
    Mobil listrik mengurangi emisi karbon 3 kali lipat. Dengan jarak 10 km, mobil BBM menghasilkan 2,417 kg CO2, sedangkan mobil listrik hanya 0,817 kg CO2.
  • Membantu mengurangi impor minyak bumi
    Penggunaan kendaraan litrik dapat menjadi upaya optimalisasi energy domestic sekaligus mengurangi impor energy. Setiap 50 ribu kendaraan listrik akan menghemat BBM +/_ Rp. 1 Triliun per tahun.
  • Praktis dan mudah
    Alat transportasi ini lebih praktis karena bisa di charge di rumah dan perawatannya pun lebih mudah, tidak perlu ganti oli cukup rawat baterainya.

Keuntungan menggunakan kompor listrik dan Air fryer
Penggunaan alat-alat elektronik yang berbasis energy ramah lingkungan (electrifying lifestyle) akan menjadi hal yang sangat bermanfaat dan penting kedepannya, yaitu bersama-sama menyelamatkan bumi. Pada kegiatan domestic (aktifitas didalam rumah), salah satu pemanfaatan electrifying lifestyle yaitu memasak menggunakan kompor listrik dan air fryer.

Ketika memasak menggunakan kompor listrik, ada banyak manfaat yang akan diperoleh yaitu:

  • Praktis
    Desain kompor listrik yang simple dan elegan membuatnya mudah dibawa kemana mana. Apabila ingin menggunakannya, pelanggan cukup menyolokkan sambungan kompor ke listrik PLN.
  • Suhu mudah diatur dan konsisten
    Kompor induksi menginduksi peralatan yang digunakan, bukan kompornya, sehingga pemanasannya lebih cepat. Selain itu suhu dapat diatur sesuai kebutuhan dan stabil dalam waktu yang lama
  • Ramah lingkungan
    Kompor induksi tidak membuang emisi sepirti CO2 sehingga lebih ramah lingkungan
  • Elegan & mudah dibersihkan
    Tampilan kompor yang ramping dan berbentuk datar dengan lapisan kaca akan mempermudah pengguna membersihkannya.
  • Aman
    Kompor induksi tidak memancarkan panas dan tidak memiliki nyala api selain itu ada timer sehingga lebih aman (resiko kebakaran kecil)

Selain ramah lingkungan, electrifying lifestyle juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti penggunaan air fryer. Air fryer adalah alat untuk menggoreng makanan tanpa minyak dengan cara mengedarkan udara panas di sekitar makanan. Oleh karena itu, air fryer menjadi solusi bagi para pecinta makanan gorengan.

Untuk perbandingan, resep gorengan (deep fried) umumnya membutuhkan 3 cangkir (750 mililiter) minyak goreng, sedangkan untuk air fryer, kebutuhan minyaknya 1 sendok makan (15 mililiter). Itu berarti, gorengan biasa membutuhkan minyak 50 kali lebih banyak ketimbang gorengan yang dimasak dengan air fryer. Sehigga dapat memangkas kalori sampai 80% ketimbang menggoreng biasanya. Berikut beberapa manfaat air fryer:

  • Masakan lebih sehat karena rendah kalori dan rendah lemak dibanding menggoreng dengan cara konvensional.
  • Lebih efisien dan praktis
  • Bebas asap dan bau masakan
  • Lebih aman dibandingkan deep fry
  • Multifungsi
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved