Breaking News:

Resepsi Pernikahan Boleh Digelar, Pelaku Usaha Katering Harap Tamu Undangan Bisa Makan di Acara

Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia berharap saat resepsi tamu bisa makan di tempat

Tribun Jabar/ Irvan Maulana
Petugas gabungan saat meninjau lokasi resepsi pernikahan di lapangan Perumahan Mahkota Graha, Kelurahan Soklat Kabupaten Subang, Sabtu (10/7/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Bisnis katering merosot tajam selama pandemi karena berbagai kegiatan ditiadakan dan banyak orang memilih kegiatan secara virtual.

Selain itu tidak adanya acara pernikahan yang dilakukan dengan skala besar dan adanya larangan untuk menikmati makanan di lokasi acara membuat bisnis katering harus kuat bertahan di  masa ini.

Namun kini, pemerintah memberikan izin kepada masyarakat untuk menyelenggarakan resepsi pernikahan dan konser dalam skala besar.

Ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kota Bandung Disa Sandhi sekaligus pemilik Celdi Catering mengatakan, saat ini terdapat 175 anggota yang aktif bergabung.

Namun pengusaha katering untuk wedding memiliki jumlah yang cukup banyak, hingga ribuan.

"Usaha ini juga masuk dalam kategori UMKM dan yang menggantungkan hidupnya di usaha wedding itu banyak," ujar Disa, Senin (27/9/2021).

Adanya relaksasi baru ini tentu memberikan sebuah angin segar bagi pelaku usaha katering.

Ia berharap, untuk di acara pernikahan, tamu undangan bisa menikmati makanan di lokasi seperti halnya pengunjung yang sudah bisa makan di kafe dan restoran.

"Kami  juga akan menaati protokol kesehatan, ini sama saja kan seperti makan di hotel karena kapasitasnya pun dibatasi mulai dari masuk gedung pernikahan," ujarnya.

Sementara itu sebelumnya, para tamu undangan hanya bisa menikmati makanan yang sudah dibungkus dan dibawa pulang.

Resepsi pernikahan yang dilakukan pun hanya bertemu dengan pengantin tanpa berjabat tangan.

Bagaimana pun, kata Disa, terdapat ribuan usaha katering yang bergantung pada bisnis ini, dan ia berharap pemerintah bisa menemukan solusi untuk pelaku usaha di bidang katering. 

Baca juga: Sikap Pemprov Jawa Barat tentang Resepsi Sampai Konser Sudah Bisa Dilaksanakan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved