Breaking News:

Diguyur Hujan Lebat 3 Hari Terakhir, 4 Rumah Warga di Ciamis Ambruk 

“Ada 4 rumah yang ambruk dipicu hujan lebat. Penyebab utamanya karena kondisi bangunan yang sudah lapuk,”

Penulis: Andri M Dani | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Dokumentasi FK Tagana Ciamis
Rumah Yanto (36) di Dusun Colendra RT 10/04 Desa Sindangsari, Kecamatan Cikoneng, ambruk diterjang hujan lebat. Istri dan 2 anak korban sempat terkurung puing runtuhan rumah tetapi berhasil selamat 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS– Dalam tiga hari terakhir setidaknya ada empat rumah di Ciamis yang ambruk. Tidak hanya dipicu terjangan hujan, tetapi juga karena kondisi bangunan rumah yang sudah lapuk.

“Ada 4 rumah yang ambruk dipicu hujan lebat. Penyebab utamanya karena kondisi bangunan yang sudah lapuk,” ujar Ketua Forum Koordinasi (FK) Tagana Ciamis, Ade Waluya kepada Tribun Selasa (28/9/2021) sore.

Terakhir Selasa (28/9) pukul 07.00 pagi rumah Mak Onah (68) di Dusun Cidahu RT 18/08 Desa Ciomas Panjalu ambruk. Kondisi bangunan rumah sudah lapuk dan malam sebelumnya diguyur hujan lebat.

Hari Minggu (26/9) sekitar pukul 04.40 subuh, rumah Mak Uun Unaenah (66) di Dusun Cikuya Rt 02 Rw 01 Desa Langkapsari Kecamatan Banjaranyar ambruk bagian depannya lantaran kondisi bangunan sudah lapuk dan diguyur hujan lebat.

Waktu kejadian Mak Uun sedang tidur di ruang tengah rumah, tiba-tiba mendengar suara “gedubrak” di luar rumah. Ternyata dinding dan bagian depan rumah yang dibangun tahun 1990 sudah jebol dan ambruk.  

Baca juga: Desa Nasol Ciamis Rawan Longsor, Warga Diimbau Keringkan Kolam dan Lahan Basah

Pada hari yang sama, Minggu (26/9) pukul 21.00 malam, dinding rumah  Eti (45) di Dusun Cihideung RT 05/ 07 Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari jebol. Dinding tembok yang jebol kondisinya sudah usah dimakan usia.

Pada Sabtu (25/9) ketika Ciamis diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi dalam durasi lama tidak hanya memicu terjadinya longsor di 15 lokasi di 7 dusun di Desa Nasol Cikoneng Ciamis.

Di Desa Sindangsari, tetangga Desa Nasol, pada Sabtu (25/9) malam sekitar pukul 21.00, rumah panggung milik Yanto (36) di Dusun Colendra RT 10/04, Desa Sindangsari, ambruk.

Isteri da dua anak korban sempat terkurung runtuhan rumah, namun berhasil selamat. Yanto sekeluarga mengungsi ke rumah orangtuanya di RT yang sama.

“Tidak ada korban pada 4 kejadian rumah ambruk tersebut, ada korban yang terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudaranya,” katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved