Breaking News:

Musim Hujan, Saatnya Pangkas Pohon Agar Terhindar Gangguan

Musim hujan menjadi periode yang menguntungkan bagi tanaman. Hal ini karena air membuat tanaman tidak lagi kering dan memicu pertumbuhan batang, ranti

PLN
Musim Hujan, Saatnya Pangkas Pohon Agar Terhindar Gangguan 

TRIBUNJABAR.ID, Musim hujan menjadi periode yang menguntungkan bagi tanaman. Hal ini karena air membuat tanaman tidak lagi kering dan memicu pertumbuhan batang, ranting dan akar baru menjadi lebih banyak dan cepat. Pohon pun akan semakin cepat tumbuh ke atas.

Meski terlihat menguntungkan, namun hal tersebut bisa berdampak buruk apabila lokasi pohon didekat jaringan listrik PLN, seperti yang dialami Mery. Beberapa hari lalu, hujan deras disertai angin puting beliung melanda rumahnya di kota Depok. Hal tersebut menyebabkan pohon didekat rumahnya tumbang dan mengenai bangunan serta jaringan listrik sehingga selain rumahnya rusak, aliran listrik pun terputus.

Hal berbeda dialami Ayu yang lokasi rumahnya berada di pedesaan dan dikelilingi oleh berbagai jenis pohon/ perkebunan. Suasana rumahnya yang ramai karena ayah menonton sepak bola di televisi, ibu membuat roti, adek bermain video game, dan Ayu mengerjakan skripsi tiba-tiba berubah hening karena tidak ada aliran listrik. Seketika ayahnya menyampaikan pengaduannya melalui PLN Mobile. Petugas menjelaskan bahwa telah terjadi gangguan yang menyebabkan terputusnya aliran listrik dan saat ini petugas PLN sedang menginvestigasi penyebabnya ke lapangan.

Berhubung satu jam berlalu dan listrik belum menyala, Ayu lalu menghubungi petugas kembali. Petugas PLN menginfokan bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh adanya pohon yang mengenai jaringan dan petugas sedang memperbaikinya.  

Berdasarkan penjelasan petugas PLN, meski rumah Ayu hanya hujan ringan dan aman dari angin puting beliung, namun disisi lain, daerah perkebunan disekitarnya mengalami hujan deras disertai angin kencang. Angin tersebut membuat ranting-ranting pohon yang basah karena hujan mengenai jaringan listrik PLN sehingga menimbulkan korsleting lalu aliran listrik terputus. Terputusnya aliran tersebut berdampak juga ke rumah Ayu karena pasokan listriknya harus melewati jaringan listrik yang terganggu tersebut sebelum mencapai ke rumahnya.

Menurut ayah Ayu, listrik mati disebabkan pohon pernah terjadi beberapa kali. Akses ke desanya yang melewati hutan dan perkebunan membuat resiko gangguan akibat pohon tinggi. Oleh karena itu, kepala desa sering menghimbau warga untuk turut serta menjaga jaringan listrik/ asset milik PLN dengan memangkas pohon apabila sudah mendekati jarak aman jaringan listrik PLN (3 meter) dan atau melaporkannya ke petugas PLN.

Sementara itu, sebagai tindakan pencegahan langsung di lapangan, PLN secara rutin menerjunkan tim untuk melakukan inspeksi potensi bahaya jaringan listrik di jalur utama distribusi listrik. PLN juga mengadakan pengamanan jaringan dengan pemangkasan pohon yang dekat dengan jaringan ataupun yang akan menyentuh jaringan melalui program line distancing secara terjadwal.

Kepedulian terhadap jarak aman jaringan listrik penting karena selain membahayakan juga dapat menyebabkan terputusnya pasokan listrik yang pemulihannya membutuhkan waktu lama. Petugas harus menelusuri sepanjang jaringan untuk mencari titik gangguan.

Terputusnya aliran listrik yang mengakibatkan listrik mati di lokasi pelanggan sendiri ada yang tidak terencana dan terpaksa direncanakan PLN.

1.       Terpaksa direncanakan (Pemeliharaan Listrik)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved