Breaking News:

Tembok Penahan Tebing dan Pagar Masjid Runtuh, Nenek Ini Gemetaran, Air dan Lumpur Masuk Rumahnya

Saat tembok penahan tebing halaman dan pagar masjid jamie Al Barokah runtuh menimpa dapur dan bagian belakang rumahnya, Mak Iti langsung gemetar

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/ Andri M Dani
Runtuh – Pagar dan tembok penahanan tebing (TPT) halaman Masjid Al Barokah di Dusun Sigung I Rt 33 Rw 12 Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Ciamis runtuh menimpa rumah Mak Iti (65) saat hujan lebat mengguyur Sabtu (25/9) pukul 17.15 sore. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Tapi pengajian yang sedang berlangsung pun bubar dengan spontan 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS - Saat tembok penahan tebing (TPT) halaman dan pagar masjid jamie Al Barokah runtuh menimpa dapur dan bagian belakang rumahnya Sabtu (25/9) pukul 17.15 sore, Mak Iti (65) sedang berada di tengah rumah saat siap-siap mau ke masjid untuk mengikuti pengajian rutin.

“Tiba-tiba terdengar bunyi gedubrak di belakang rumah. Sampai ngadekdek, gemetar,” kata Mak Iti (65) kepada Tribun saat ditemui di rumahnya di Dusun Sigung I Rt 33 RW 12 Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Ciamis Minggu (26/9) siang.

Mak Iti sempat berdiri terpana dengan badan gemetaran tapi tidak sampai jatuh pingsan. Kemudian warga berdatangan membantu Mak Iti.

Runtuh tebing halaman masjid setinggi 5 meter tersebut hanya memporak porandakan dapur dan  bagian belakang rumah Mak Iti. Air lumpur sampai masuk ke ruang tengah rumah korban.

Waktu kejadian, yang sedang berada di rumah hanya Mak Iti dan anaknya, Ipan (35). Keduanya selamat, saat kejadian Ipan sedang berada di kamar sedangkan Mak Iti di tengah rumah.

Puing longsor tebing dan halaman masjid mengubur bagian dapur rumah Mak Iti berikut segala perabot dapur. Termasuk juga kandang ayam. Dua ekor ayam jago milik Mak Iti ikut mati terkubur.

“Satu ekor  sudah dikuburkan tadi, yang ini belum,” ujar Mak Iti terlihat sedih sembari menenteng ayam jagonya mati terkubur longsor TPT masjid.

Bagian dapur dan kandang ayam milik Mak Iti tersebut berada  langsung di bawah tebing halaman Masjid  Jamie al Barokah.

Minggu siang tersebut Mak Iti terlihat sedang mengais-ngais sesuatu di bagian dapur rumahnya yang sudah tertimbun puing longsor. Tiba-tiba Mak Iti menemukan bajunya yang tertimbun tanah.

Lantas Mak Itu, merogoh saku baju yang sudah kotor berlumur lumpur tersebut. Tampak Mak Iti, mengeluarkan sesuatu dari saku tersebut. “Alhamdulillah duitnya masih ada,” katanya sembari tersenyum.

Sejumlah bantuan pun sudah diterima Mak Iti. Termasuk Minggu (26/9) siang tersebut dari ACT berupa beras dan air mineral.

Warga sejak pagi bergotong royong mengevakuasi puing longsor yang menimpa bagian belakang rumah Mak Iti. Termasuk mengangkut sebagian barang-barang milik Mak Iti, ke rumah saudaranya yang berada di seberang jalan.

Menyusul kejadian longsor tersebut, Mak Iti dan anaknya, Ipan sejak Sabtu (25/9) malam sudah mengungsi ke rumah saudaranya yang berada di seberang jalan. (*)   

Baca juga: Longsor Landa Desa Nasol Ciamis, Pagar dan TPT Masjid Roboh, Jemaah Pengajian Berhamburan Keluar

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved