Breaking News:

Hobi Tanaman Hias Bikin Untung Besar, Badai Pernah Beli Tanaman Rp 800 Ribu Dijual Seharga Mobil

Berawal dari hobi tanaman hias, Andhika Bayu (26), kini mendapat cuan belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan, bahkan satu tanaman ada yang harga

TRIBUNJABAR.ID/LUTFI AHMAD MAULUDIN
Andhika Bayu alias Badai menunjukkan koleksi tanaman hiasnya di green house miliknya di Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jabar, Minggu (26/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Berawal dari hobi tanaman hias, Andhika Bayu (26), kini bisa mendapat cuan belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan, bahkan satu tanaman ada yang harganya Rp 20 juta lebih.

Andhika yang akrab disapa Badai ini awalnya tak menyangka, tanaman hias yang ia beli dengan seharga Rp 800 ribu, pada tahun 2018, di tahun 2021 bisa laku mencapai Rp 45 juta.

"Ya alhamdulillah, dulu itu beli Rp 800 ribu jadi laku Rp 45 juta, dan walau dijual saya masih punya karena dikembang biakkan," kata Badai, di Green House nya, yang berada di Cibiru Sadang, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (26/9/2021).

Badai mengatakan, ia tak mau menjual sebelum punya dua, tiga, atau lebih.

"Kalau udah punya minimal dua, saat ada yang minat dan harganya cocok ya saya lepas. Kalau hanya satu, kan kalau dijual sayang, kita belum tentu dapat yang seperti itu," kata Badai.

Badai menjelaskan, memang kalau orang awam, pasti tak kan mau membeli tanaman hias seperti itu dengan harga jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

Baca juga: Tanaman Hias Seharga Rp 225 Juta Diincar Kolektor, Padahal Sri Baru Membeli Monstera Variegata Ini

"Tapi kalau buat kolektor, atau penghobi, kalau udah suka mau berapapun dibeli. Bahkan saya dengar yang beli tanaman saya itu, ia jual lagi tembus di harga sekitar Rp 80 juta," ucap dia.

Badai mengatakan, memang untuk orang awam tak masuk akal, hanya tanaman hias bisa terjual dengan harga fantastis.

"Tapi buat kolektor dan penghobi itu harga wajar. Sebab tanaman bisa atembus diharga tersebut tak sekedar tanaman, tapi terdapat historis atau kelangkaan tanaman tersebut," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved