Breaking News:

Dinas PUPR Ciamis Bersihkan Longsor yang Kepung Desa Nasol, Jalur Nasol-Darmacaang Kembali Pulih

Timbunan longsor di Dusun Cikuda yang semula disingkirkan oleh warga secara manual dengan bergotong royong akhirnya dituntaskan dengan alat berat yang

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
Tanah longsor terjadi di Dusun Desa, RT 12 RW 04 Desa Nasol, Cikoneng, Ciamis Sabtu (25/9/2021) sore. (Dok. Rifa) 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Longsor tebing di Dusun Cikuda Desa Nasol yang menyebabkan jalan yang menghubungkan Desa Nasol dan Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng  Ciamis terputus sejak Sabtu (25/9) pukul 17.30, sudah kembali pulih Minggu (26/9) siang.

Timbunan longsor di Dusun Cikuda yang semula disingkirkan oleh warga secara manual dengan bergotong royong akhirnya dituntaskan dengan alat berat yang didatangkan oleh Dinas PUPR Ciamis.

Setelah timbunan longsor di Dusun Cikuda berhasil disingkirkan, alat berat langsung menuju lokasi ruas jalan kampung yang tertimbun di Dusun Batu Malang Desa Nasol.

Di Dusun Batu Malang RT 44 RW 15 , tebing setinggi 10 meter lebar 10 meter runtuh menimbun ruas jalan kampung yang menghubungkan Dusun Batu Malang dengan Dusun Sigung II.

Dua rumah yang berada di atas tebing pun terancam.

“Alat berat dari Dinas PUPR masih mengevakuasi  puing longsor yang menimbun ruas jalan di Batu Malang,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Memet Hikmat kepada Tribunjabar, Minggu (26/9) siang.

Dari pendataan yang dilakukan satgas Pusdalops BPBD Ciamis sampai pukul 22.45 Sabtu (25/9) malam, longsor yang menimpa Desa Nasol Kecamatan Cikoneng terjadi di 10 lokasi tersebar di 7 dusun.

Masing-masing di Dusun Palasari (1 lokasi), Batumalang (2 lokasi), Sigung  I (1 lokasi), Sigung II (2 lokasi), Cikuda (1 lokasi), Caringin (1) dan Dusun Desa (2 lokasi).

Sebanyak 12 rumah terdampak, di antaranya rumah tertimpa tembok tebing runtuh, rumah terendam luapan air selokan yang tersumbat longsor.

Sepuluh rumah lainnya terancam. Dan 3 KK mengungsi ke rumah sanak saudaranya.

Desa Nasol menurut Memet, topografi pemukiman yang umumnya berada di lereng.

Longsor yang setidaknya terjadi di 10 lokasi di 7 dusun di Desa Nasol tersebut dipicu oleh hujan lebat yang mengguyur sejak pukul 15.00 Sabtu (25/9) sore disertai petir.

Kejadian longsor secara sporadis mulai terjadi sejak pukul 17.15. (*)

Baca juga: Hujan Lebat Guyur Ciamis, Tanah Longsor Terjadi di Tujuh Titik di Desa Nasol

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved