Breaking News:

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Diabetes, dari Renang hingga Yoga

Olahraga merupakan faktor penting dalam manajemen glukosa darah atau gula darah dan kesehatan secara keseluruhan pada orang dengan diabetes.

Editor: Giri
Istimewa
ILUSTRASI - Berenang adalah latihan aerobik yang ideal untuk penderita diabetes tipe 2, karena tidak memberi tekanan pada persendian. 

TRIBUNJABAR.ID - Olahraga membuat tubuh kita menjadi sehat. Olahraga merupakan faktor penting dalam manajemen glukosa darah atau gula darah dan kesehatan secara keseluruhan pada orang dengan diabetes dan pradiabetes.

Pasalnya, olahraga membantu mengontrol glukosa darah pada diabetes tipe 2, mengurangi faktor risiko kardiovaskular, berkontribusi pada penurunan berat badan, dan meningkatkan kesehatan keseluruhan.

Olahraga teratur juga dapat mencegah atau menunda perkembangan diabetes tipe 2.

Sementara bagi penderita diabetes tipe 1, olahraga teratur juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar, seperti peningkatan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, sensitivitas insulin, dan sebagainya.

Berikut ini enam pilihan olahraga terbaik untuk penderita diabetes.

1. Jalan Cepat

Jika Anda sebelumnya tidak memiliki rutinitas olahraga, dr. Sheri R. Colberg, spesialis diabetes dan olahraga menyarankan untuk memulainya dengan berjalan kaki.

Ini adalah olahraga ringan dengan banyak manfaat.

“Berjalan mudah dilakukan orang. Yang Anda butuhkan hanyalah sepasang sepatu yang bagus dan tempat untuk pergi. Berjalan merupakan salah satu kegiatan yang paling dianjurkan untuk penderita diabetes tipe 2,” kata Colberg.

Sementara menurut Harvard T.H. Chan Sekolah Kesehatan Masyarakat , jalan cepat yang dilakukan dengan kecepatan yang meningkatkan detak jantung, dianggap sebagai latihan intensitas sedang,.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved