Breaking News:

The Great Asia Africa dan Farm House Boleh Uji Coba Buka, Ini Arahan dari Pemkab Bandung Barat

Dua objek wisata di KBB diizinkan uji coba beroperasi. Dinas memberikan arahan.

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Pengunjung berada di The Great Asia Africa, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah memberikan arahan khusus bagi pengelola The Great Asia Africa (TGAA) dan Farm House yang saat ini sudah boleh melakukan uji coba pembukaan saat Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat (PPKM) Level 3 Jawa-Bali.

Uji coba pembukaan bagi dua objek wisata itu berdasarkan SE Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf nomor 19/IL.04.00/DII/2021 tentang Panduan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi dan Penerapan Protokol Kesehatan Pada Uji coba Pembukaan Usaha Pariwisata dan Rekreasi di Daerah dengan PPKM Level 3. 

Dalam SE tersebut tertera sejumlah aturan yang harus dipatuhi pengelola wisata, di antaranya pengunjung dibatasi hanya 25 persen, harus sudah menjalani vaksinasi Covid-19, serta menerapkan scan barcode PeduliLindungi.

"Jadi konsekuensinya mereka harus mempersiapkan diri, mulai dari barcode PeduliLindungi," ujar Kepala Disparbud KBB, Heri Partomo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (24/9/2021).

Ia mengatakan, terkait penerapan aplikasi PeduliLindungi itu dipastikan tidak akan terlalu terasa di TGAA dan Farm House karena posisinya yang ada di pinggir jalan protokol.

"Kebetulan kan TGAA dan Farm House ada di jalan protokol, jadi mungkin enggak akan sulit. Tapi kita lihat perkembangannya sejauh mana selama uji coba ini," ucapnya.

Atas hal tersebut, kata Heri, selama uji coba pengelola objek wisata TGAA mereka wajib memberikan laporan kegiatan dan jumlah pengunjung setiap harinya dan evaluasi menyeluruh akan dilakukan usai sepekan uji coba berjalan.

"Nanti kita lihat perkembangannya dan dievaluasi pekan depan. Mudah-mudahan lancar karena di kita sudah ada tiga yang buka," kata Heri. 

Pihaknya juga bakal mengajukan lagi objek wisata lainnya ke Kemenparekraf agar bisa menjalani uji coba pembukaan seperti objek wisata itu, namun keputusannya tergantung pada hasil evaluasi Kemenparekraf. 

"Tapi sebetulnya kita sudah sampaikan 10 objek wisata unggulan di kita (Bandung Barat), tapi kan kebijakannya dari kementerian. Karena yang tiga uji coba ini juga kan hasil evaluasi Kemenparekraf," ucapnya.

Baca juga: Dua Objek Wisata di KBB Ini Diizinkan Lakukan Uji Coba Pembukaan Saat PPKM Level 3, Susul The Lodge

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved